Friday, June 29, 2018

My 2018 Reading List: Bookhaton!

I decided to do a bookhaton this year! Some the books in my shelves are afterwards for sale, you can see the books title at my ig @cucigudangdirumahku
Items that are sold are deleted

To see my updated 2018 reading list, please follow my ig @agendaiburumahtangga
Follow the hashtag #agendaiburumahtangga2018readinglist


Tuesday, April 24, 2018

Day 24 Reflections from Charlotte Mason's Thoughts

Ourselves (vol 4)
But, like all the good gifts we have received, this too is capable of neglect and misuse. It is not enough that there should be a Beauty World always within reach; we must see to it that our Beauty Sense is on the alert and kept quick to discern.

My reflection:
All good gifts itu datangnya dari Tuhan dan gue yakin talenta yg IA percayakan itu punya maksud untuk dipergunakan dgn sebaik-baiknya. Ada tujuan mulia dari setiap good gifts yang IA anugerahkan , bukan untuk disalahgunakan. Tapi untuk dimanfaatkan menjadi saluran berkat bagi kemanusiaan!
Jadi klo punya talenta emang bukan untuk disimpan ya?

Monday, April 23, 2018

Day 23 Reflection of Charlotte Mason's Thoughts

Ourselves (vol 4)
Part II Chapter 1
Self-control, Self-knowledge, Self-reverence.––It would even seem as if we had two inside selves, one which wishes to do a wrong or unwise thing, and another which says, ‘You must not.’ And one of the great things we have to learn in life is how, where, and when to use this power, which we call Self-control.
Penguasaan diri! Yes, ini selaras dgn baby brain n adult brain yg mba ellen share ya?
Lanjut kutipan kalimat berikut:
Before we can have true Self-control we must know a good deal about ourselves, that is, we must get Self-knowledge.

Sunday, April 22, 2018

Day 22 Reflection of Charlotte Mason's Thoughts


Ourselves (vol 4)
 Pages of the body- the five senses
Smell
As we breathe all day long and all night long, and only take food three or four times a day, it is perhaps more injurious to health to breathe evil odours than to eat food which is not quite fit, though both are bad. But there are people in whom Smell has become so inactive, that they will lean over an open drain without perceiving any bad smell.
Indra cium pun perlu dilatih ya? Klo terbiasa tinggal di area yg bau got, lama-lama hidung pun kebal sama menyengatnya bau got. Mulai toleransi dan mulai tidak terganggu. Apa yg kita hirup padahal langsung masuk ke paru-paru ya? Bahkan untuk anak berkebutuhan khusus ada terapi menghirup aroma zat yg memulihkan , yg merangsang, menstimulasi pertumbuhan sarafnya. Anak dipaparkan pada aroma tetesan minyak murni yang dipilih sesuai kebutuhan anak itu. Jadi inget juga maraknya tren penjualan diffuser yang harga oil nya lumayan mahal harganya. Sempat tergiur beli, tapi mikir-mikir butuh ga sih? Baca ini jadi berasa perlu juga ๐Ÿ˜
Jangan sampe hidung anak ga peka mencium aneka bau yang bahaya , karena tak terlatih: musti diajari ya ini bau gosong, bau gas, bau bensin, dsbnya.
Juga ajarin menghirup udara segar gunung, aih...jadi pingin ke gunung...udara sejuk pantai...wangi aneka bumbu masak juga bisa ya melatih ketajaman endusan hidung haha (bahasaku kayak doggy training aj)
Terutama musti diajari juga peka sama bau keringat sendiri, kudu merasa klo mulai lepek n keringatan , mandi biar segar n ga bau. Kadang kalo kurang peka tuh ya cuekkk wae
Wah topik ini aja banyak yang bisa dipraktekkin ya?
CM tuh aplikatif bangett , ga sekadar filosofi ngawang!

Tuesday, February 20, 2018

Finish Strong

2Korintus 3:3
Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia
How do the world read Christ's letters? Bagaimana dunia membaca surat2 Kristus? Kira-kira kesaksian hidup seperti apa yg selama ini kita ukir?
"Ah dia memang berbeda, ada Terang Tuhan tiap ketemu" atau "sama aja dia mah, gada beda ma kita orang dunia yang ga ngenal Tuhan, dia tetap korupsi, dia juga kompromi ini dan itu"
Yang manakah kira-kira kita?
Galatia 3:3
Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging?
Kita telah memulai sebagai ciptaan baruNya di dalam roh, sebodoh itukah kita mengakhiri dengan dalam daging?
Tetap setia dalam menjalani panggilanNya , tetap berpegang teguh pada iman sampai akhir.
Memulai dalam roh , akhiri juga dalam roh!
BUKAN AWAL PERTANDINGAN KITALAH YANG MENENTUKAN, TAPI AKHIR PERTANDINGAN KITA, MASIHKAH KITA BERLOMBA DALAM PERTANDINGAN IMAN SAMPE GARIS FINISH๐Ÿ†?
Let's finish well, let's finish strong!

Monday, February 19, 2018

The Power of Change

Roma12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
Berubah itu bukan instant seperti sailormoon atau wonder woman , "cling", dalam hitungan detik langsung berubah!
Berubah itu setahap demi setahap sesuai dengan pembaharuan budi.
One baby step at a time.
Tapi masalahnya sejauh ke"taat"an sih, mau berubah atau tidak?
Jika taat segera dan melangkap terus dalam perubahan kecil sedikit demi sedikit, tak terasa lompatan iman kita uda lakukan.
Mari dengan tekun berubah sesuai pembaharuan budi kita๐Ÿ™๐Ÿป
Jangan tegar hati dan memperlambat pekerjaan Roh Kudus dalam hidup kita
PERUBAHAN BUKANLAH PERUBAHAN SAMPAI TERJADI PERUBAHAN

Sunday, February 18, 2018

Ganbate

Amsal 18 ay 14
 Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?
"Semangat" demikian jawaban seorang ibu yang anaknya sudah tidak punya harapan lagi saat ditanya mau didoakan apa.
"semangat aja, doakan saya tetap semangat mengurusi anak saya dan mendidik dia semampu saya bisa"

Waktu dengar jawaban ibu ini, hati merasa diberkati banget. Betul juga ya? Saat kita menghadapi proses hidup, tetap semangat itu harus dipelihara. Jangan sampai patah semangat melakukan bagian kita.
Percaya Tuhan pasti lakuin bagianNya, tapi jangan patah semangat melakukan bagian kita๐Ÿ’ช๐Ÿป๐Ÿ’ช๐Ÿป
Saat keadaan tak dimengerti logika, percaya Tuhan selalu setia dan IA tahu yang terbaik
Nehemia 9:33
Tetapi Engkaulah yang benar dalam segala hal yang menimpa kami, karena Engkau berlaku setia dan kamilah berbuat fasik.
Jgn undur dari mengerjakan keselamatan yang sudah dianugerahkannya! Ayo semangat kerjakan terus bagian kita!
Filipi 2:12
Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,
⬆biarlah ini terjadi dalam hidup kita,
ada maupun tidak ada yg melihat, kita  tetap semangat mengerjakan keselamatan kita.๐Ÿ’ช๐Ÿป๐Ÿ’ช๐Ÿป
ๅŠ ๆฒน! Ganbate!
Semangat!