Posts

Diproses = Dilatih dan Dimurnikan

Image
Duh ga enak banget saat ngalamin proses ya? Diuji, dimurnikan, digesek, dibersihkan! Sakitnya tuh disin, disitu, dimana-mana!

Tapi itulah tanda bahwa kita bukan anak gampang, tapi anak yang dididik oleh Bapa. Bukan abal-abal kualitasnya, tapi terus dimurnikan sampai sesuai standar illah!

Inget kisah telur, kentang dan kopi ? Dipanaskan di atas api dan apa hasilnya?
Orang tipe telur akan mengeraskan dirinya dan jadi sembunyi dalam cangkang! 
Orang tipe kentang akan menjadi hancur lebur dan tertekan!
Namun orang tipe kopi makin wangi dan harumnya semerbak memenuhi seantero ruangan! Kopi jadi teman minum yang juga membuat semangat dan energik bagi si peminumnya!

Hmm...oke, tipe kopi itu sepertinya indah, tapi realitanya ga mudah loh saat kita jalani! Bisa tetap berpikir positif saat situasi serba ga nyaman aja itu perjuangan! Namun bukankah kita hidup bukan dari yang dilihat mata semata?
Kita hidup karena percaya pada janjiNya dan kita taat melalui proses, walau berat buat daging!

Baca renunga…

Learning from Anemone and Clown Fish

Image
Minggu lalu, kami belajar tentang kehidupan di dalam air dan secara spesifik membahas simbiosis mutualisme antara ikan badut dan anemon. Apa itu simbiosis? Saya gali lebih lanjut ini mah...dalam perenungan saya.. seorang emak homeshooler yang juga ikut belajar saat mengajar anak-anaknya...
Menarik sekali saat cari tahu tentang simbiosis. Akar kata simbiosis berasal dari bahasa Yunani σύν yang artinya "bersama" dan βίωσις  yang artinya "hidup". Menurut Albert Bernhard Frank, seorang botanis dari Jerman yang hidup di era Belle Epoque, tepatnya di tahun 1877, ia menggunakan kata simbiosis untuk menggambarkan hubungan saling menguntungkan pada lumut (lichen). Sehingga jika diartikan kata simbiosis adalah  hubungan yang dekat dan jangka panjang antara dua spesies makhluk hidup yang berbeda.

Simbiosis ada yang saling menguntungkan kedua belah pihak seperti di kasus ikan badut dan anemon laut ini.  Ikan badut mendapat makanan yakni invertebrata kecil di tubuh anemon ...y…

Soto Ayam (Indonesian Style Turmeric Chicken Soup with Coconut Milk)

Image
Oh how I love Monday! why?
Because Monday is my Sabbath..lol
I don't do anything purposefully: no field trip, no homeschooling session, absolutely no demands of doing things....I empty my to do lists on Monday... just relax, chillax, enjoy my day, and pause....

My Monday today started with cooking Soto Ayam in the morning....yeay!
Cooking is a passion, so it is not considered a task lol...
Love the aroma of santan (fresh coconut milk) poured in my soto ayam...smells terrific!

Yeay gonna share the recipe in this blog post:

Ingredients:

A whole organic chicken (700-1 kg in weight), cut into 12 parts

Grind these in a mortar:
I use the Indonesian "gulekan" ...lol, Javanese style mortar made from stone, bought it in Jogjakarta, very useful and very handy too..
-6 cloves of garlic, peel the skin
-6 shallots, peel the skin
-6 candlenuts
-4 cm of turmeric, peel the skin
-3 cm of ginger, peel the skin
-6 peppercorn seed




Grind the above ingredients until it forms a paste l…

My 2016 Reading List

Image
Tahun ini uda ada banyak list bacaan yang ngantri... hihi seperti kereta api aja nih yang kudu dibaca, yang font warna merah adalah daftar bacaan yang lagi gue baca...kalo yang udah selesai dicoret..hmm masih buanyak lagi meenyusul nih antriannya, ntar bakalan gue tambahin satu per satu:

1. Heal your Gut Cookbook-Hillary Boynton and Mary G Brackett 

2. Gut and Psychology Syndrome- Dr Natasha Campbell Mcbride MD, MMedSci(neurology),MMedSci (nutrition)

3. Teaching at Home -Olga Holland

4. What your Childhood Memories Say about You- dr Kevin Leman


5. The Jesus I never Knew -Philip Yancey

6.The Worn out Woman -Dr Steve Stephens and Alice Gray

7. Teaching Montessori at Home -the preschool years by Elizabeth G Hainstock


8. Teaching Montessori at Home -the school years by Elizabeth G Hainstock

Ngomongin lukisan, wah ini salah satu lukisan keren dari era Belle epoque nih :) Mulai dilukis oleh Pierre Auguste Renoir di tahun 1875 dan selesai di tahun 1876..setahun yah kurleb proses pengerjaan lukisan c…

Clean Sink Philosophy... Done today!

Image
"Always end and start the day with a clean  sink." I remember this famous advice by flylady. Yup.. Decided to do accordingly..
Well, admit it.. I like the effect of ending my day with a clean sink... No burden at the end of my day! Take it to the extreme,  let your sink so shine like a mirror that you can use it to see your reflection in it...
Well this second advice is too much for me..  Clean sink is enough for me!
No debts of yesterday dirt taken to the next new day... Feels clean too.. LolI felt this silly short post is a starter of my 2016 blog posts ahead... Let me keep my track of posting at least one post a week if possible.. Lol...

Belle Epoque Event 2016: I'm in!

Image
Well, I decided to join an event hosted by Fanda, a fellow blogger of mine!
Belle Epoque Event 2016! Yeay, and the event rules are:
1st -I should read and post as many things from Belle Époque era, and as often as I can, during 2016. I decided to enroll myself in this event to FORCE myself to update my blog....actually I'm too much at neglecting my blog..lol

2nd -I can also read books from Belle Époque authors, or books about… whatever happened during or about the era. It can be fiction or non-fiction, just whatever I can find. Okay ...the era of Belle Epoque is from 1871-1914, so many great authors are very productive in this era..some of the works that I'm interested to post would be by H.G Wells, George Bernard Shaw, Leo Tolstoy and Oscar Wilde.

3rd-I can also decorate my blog by posting Belle Époque paintings? wow...I love paintings, and posting about paintings from this era ...I plan to post paintings by Emile Bernard, Vincent van Gogh, Paul Gauguin and Eugene Boch. It …

Jawaban yang Lemah Lembut

Image
Amsal 15:1
Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.

Seringkali konflik terjadi karena intonasi suara yang salah: entah itu pedas, ketus, sinis, dan bernada tinggi. Kata-kata yang diucapkan tidak berbicara setajam intonasi suara pada saat mengucapkannya. Saya merasa sering gagal dalam komunikasi yang baik, karena ya itu deh, nada suara jadi tinggi kalo uda kesal! Pokoknya kalo hati lagi tidak bagus, nada suara jadi tidak bagus juga. Jawaban jadi ketus...dan memancing konflik yang tidak perlu sebenarnya.

Belum lagi kita hidup di era gadget, yang sudah mengubah cara berkomunikasi kita! Lebih banyak komunikasi tertulis via chats daripada lisan via suara.  Adakalanya salah paham bisa terjadi karena tidak ada intonasi suara yang menyertainya. Pesan singkat :"kamu lagi ngapain" bisa saja diartikan ungkapan kangen dan peduli jika intonasi suara pengucapannya lembut, namun bisa juga diartikan kepo dan mau tahu aja...jika intonasi…