Monday, March 7, 2016

Learning from Anemone and Clown Fish

This week's to-read-book for kiddos

Minggu lalu, kami belajar tentang kehidupan di dalam air dan secara spesifik membahas simbiosis mutualisme antara ikan badut dan anemon. Apa itu simbiosis? Saya gali lebih lanjut ini mah...dalam perenungan saya.. seorang emak homeshooler yang juga ikut belajar saat mengajar anak-anaknya...
Menarik sekali saat cari tahu tentang simbiosis. Akar kata simbiosis berasal dari bahasa Yunani σύν yang artinya "bersama" dan βίωσις  yang artinya "hidup". Menurut Albert Bernhard Frank, seorang botanis dari Jerman yang hidup di era Belle Epoque, tepatnya di tahun 1877, ia menggunakan kata simbiosis untuk menggambarkan hubungan saling menguntungkan pada lumut (lichen). Sehingga jika diartikan kata simbiosis adalah  hubungan yang dekat dan jangka panjang antara dua spesies makhluk hidup yang berbeda.

Simbiosis ada yang saling menguntungkan kedua belah pihak seperti di kasus ikan badut dan anemon laut ini.  Ikan badut mendapat makanan yakni invertebrata kecil di tubuh anemon ...yang jika tidak dimakani oleh si ikan badut lantas akan membahayakan kelangsungan hidup anemon. Ikan badut pun bisa bersembunyi dari para predatornya di sela sela tubuh anemon. Ikan badut pun melindungi si anemon dari predatornya, butterfly fish, lewat suara tinggi yang diproduksinya.
 Saling menguntungkan ya jika hidup bersama seperti ini?

Wah memang betul sekali ya kata Firman Tuhan  "Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka." (Pengkotbah 4:9)
 Perenungan saya berakhir pada kesimpulan: jangan suka jadi single fighter...sok kuat... belajarlah dari ikan badut dan anemon laut ...yang hidup saling menolong satu sama lainnya. Kita butuh orang lain, demikian juga sebaliknya. Hidup bersama dalam suatu komunitas itu asikk banget!!
Jangan suka menyendiri..lol...!

DS & DD attempt to draw  and color anemones and clownfish

clownfish coloring :)






Monday, February 22, 2016

Soto Ayam (Indonesian Style Turmeric Chicken Soup with Coconut Milk)




Oh how I love Monday! why?
Because Monday is my Sabbath..lol
I don't do anything purposefully: no field trip, no homeschooling session, absolutely no demands of doing things....I empty my to do lists on Monday... just relax, chillax, enjoy my day, and pause....

My Monday today started with cooking Soto Ayam in the morning....yeay!
Cooking is a passion, so it is not considered a task lol...
Love the aroma of santan (fresh coconut milk) poured in my soto ayam...smells terrific!

Yeay gonna share the recipe in this blog post:

Ingredients:

A whole organic chicken (700-1 kg in weight), cut into 12 parts

Grind these in a mortar:
I use the Indonesian "gulekan" ...lol, Javanese style mortar made from stone, bought it in Jogjakarta, very useful and very handy too..
-6 cloves of garlic, peel the skin
-6 shallots, peel the skin
-6 candlenuts
-4 cm of turmeric, peel the skin
-3 cm of ginger, peel the skin
-6 peppercorn seed




Grind the above ingredients until it forms a paste like consistency, added also 4 Indonesian bay leaf (daun salam) and 4 kaffir lime leaf (daun jeruk) ,also 2 stems of lemongrass, and around 3 cm of galangal  (I love this part: hit the bottom white part of the lemongrass  and the galangal too, really hard with your pestle. Just imagine somebody really irritating and hit hard on the lemongrass and galangal....a really good therapy for negative emotion outlet...yeay lol :))
 use 3 tablespoon of coconut oil to stir fry until the aroma feels the air...

After the smell of your soup is so mouth watery, put the pieces of chicken inside your pot...
Add 2 Litres of filtered water , and add in also 250 ml of fresh coconut milk.  Add in also 1 tsp of sea salt and 3 tablespoon of brown sugar.

Wait until it simmers and taste it , if you feel like it needs more salt or sugar, adding it accordingly to suit your tongue! :)

Last but not least: add  finely chopped celery and leek into it... :)

Addition: you may eat this soup with boiled egg  too...

Enjoy the Indonesia style Soto Ayam (Turmeric Chicken Soup with coconut milk)

I am currently doing GAPS diet for my son, and this recipe is also GAPS proven, except the brown sugar, you can omit it to make it sugar free...

Friday, February 19, 2016

My 2016 Reading List

 A Young Woman Reading by Pierre Auguste Renoir (1876)

Tahun ini uda ada banyak list bacaan yang ngantri... hihi seperti kereta api aja nih yang kudu dibaca, yang font warna merah adalah daftar bacaan yang lagi gue baca...kalo yang udah selesai dicoret..hmm masih buanyak lagi meenyusul nih antriannya, ntar bakalan gue tambahin satu per satu:

1. Heal your Gut Cookbook-Hillary Boynton and Mary G Brackett 

2. Gut and Psychology Syndrome- Dr Natasha Campbell Mcbride MD, MMedSci(neurology),MMedSci (nutrition)

3. Teaching at Home -Olga Holland

4. What your Childhood Memories Say about You- dr Kevin Leman


5. The Jesus I never Knew -Philip Yancey

6.The Worn out Woman -Dr Steve Stephens and Alice Gray

7. Teaching Montessori at Home -the preschool years by Elizabeth G Hainstock


8. Teaching Montessori at Home -the school years by Elizabeth G Hainstock

  Ngomongin lukisan, wah ini salah satu lukisan keren dari era Belle epoque nih :) Mulai dilukis oleh Pierre Auguste Renoir di tahun 1875 dan selesai di tahun 1876..setahun yah kurleb proses pengerjaan lukisan cat minyak ini.. cantik sekali wajah gadis yang sedang asik membaca ini, candid banget lukisannya. Justru lebih hidup karena tidak menatap matanya ke arah si pelukis.. Seolah seru banget baca tuh buku...kira-kira judulnya apa ya itu buku? Tuh ininih penyakit blogger yang udah lama ndak nge blog...ngalor ngidul tulisannya lol...ok sudah malam, time to sleep!

 new reading log added:
https://www.amblesideonline.org/CM/toc.html#1

 

Wednesday, January 20, 2016

Clean Sink Philosophy... Done today!

"Always end and start the day with a clean  sink." I remember this famous advice by flylady.

Yup.. Decided to do accordingly..
Well, admit it.. I like the effect of ending my day with a clean sink... No burden at the end of my day!

Take it to the extreme,  let your sink so shine like a mirror that you can use it to see your reflection in it...
Well this second advice is too much for me.. 

Clean sink is enough for me!
No debts of yesterday dirt taken to the next new day...

Feels clean too.. Lol

I felt this silly short post is a starter of my 2016 blog posts ahead... Let me keep my track of posting at least one post a week if possible.. Lol...

Sunday, January 3, 2016

Belle Epoque Event 2016: I'm in!

Well, I decided to join an event hosted by Fanda, a fellow blogger of mine!
Belle Epoque Event 2016! Yeay, and the event rules are:
1st -I should read and post as many things from Belle Époque era, and as often as I can, during 2016. I decided to enroll myself in this event to FORCE myself to update my blog....actually I'm too much at neglecting my blog..lol

2nd -I can also read books from Belle Époque authors, or books about… whatever happened during or about the era. It can be fiction or non-fiction, just whatever I can find. Okay ...the era of Belle Epoque is from 1871-1914, so many great authors are very productive in this era..some of the works that I'm interested to post would be by H.G Wells, George Bernard Shaw, Leo Tolstoy and Oscar Wilde.

3rd-I can also decorate my blog by posting Belle Époque paintings? wow...I love paintings, and posting about paintings from this era ...I plan to post paintings by Emile Bernard, Vincent van Gogh, Paul Gauguin and Eugene Boch. It is very interesting for me to learn the friendship amongst these famous painters.

Anybody who wants to join this event too, you may visit Fanda's blog here!

Sunday, November 15, 2015

Jawaban yang Lemah Lembut

gambar diambil dari rawforbeauty.com
Amsal 15:1
Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.

Seringkali konflik terjadi karena intonasi suara yang salah: entah itu pedas, ketus, sinis, dan bernada tinggi. Kata-kata yang diucapkan tidak berbicara setajam intonasi suara pada saat mengucapkannya. Saya merasa sering gagal dalam komunikasi yang baik, karena ya itu deh, nada suara jadi tinggi kalo uda kesal! Pokoknya kalo hati lagi tidak bagus, nada suara jadi tidak bagus juga. Jawaban jadi ketus...dan memancing konflik yang tidak perlu sebenarnya.

Belum lagi kita hidup di era gadget, yang sudah mengubah cara berkomunikasi kita! Lebih banyak komunikasi tertulis via chats daripada lisan via suara.  Adakalanya salah paham bisa terjadi karena tidak ada intonasi suara yang menyertainya. Pesan singkat :"kamu lagi ngapain" bisa saja diartikan ungkapan kangen dan peduli jika intonasi suara pengucapannya lembut, namun bisa juga diartikan kepo dan mau tahu aja...jika intonasi suaranya kasar. Jika si pembaca pesan lagi tidak bagus suasana hatinya dan mungkin kurang mengenal satu sama lain...bisa saja timbul konflik karena pesan singkat tadi..yang diinterpretasikan berbeda nadanya di benaknya. Hehehe..pernah ngalamin soalnya..

 
Bersyukur pagi ini kembali diingatkan bahwa jawaban yang lemah lembut itu meredakan kegeraman.
Lemah lembut dalam berkata-kata akan menghindarkan kita dari miskom dan konflik yang tidak perlu.

Mau siap-siap Ibadah pagi!
Have a blessed Sunday!

Heaven is for Real-Todd Burpo

Judul: Heaven is for Real- A Little Boy's Astounding Story of His Trip to Heaven and Back.
Penulis:Todd Burpo with Lynn Vincent
Penerbit: Thomas Nelson





Surga  menjadi tema buku ini. Kisah pengalaman perjalanan ke Surga dari seorang bocah bernama Colton Burpo yang dialaminya saat dioperasi telah membuat buku ini menjadi bestseller dan bahkan dibuat filmnya juga! Colton, seorang bocah yang belum genap empat tahun, harus menjalani operasi usus buntu.Namun ia tidak tahu jika operasi tersebut cukup membahayakan nyawanya, dan ia mengalami pengalaman yang tak akan dilupakannya sepanjang detik-detik di ruang operasi tersebut! Ia bertemu Tuhan Yesus di Surga, ia bahkan berjumpa kakeknya yang sudah meninggal dan saudara kandungnya yang meninggal dalam kandungan!

Jadi haru baca buku ini, teringat mendiang Kakek, ingin rasanya jumpa dengan beliau! Sedang apa ya sekarang? Mendadak mellow...

Saya suka membaca buku yang based on true story, yang dikisahkan langsung dari pengalaman pribadi. Saat membaca buku ini pun saya terkagum bagaimana anak seusia Colton bisa menceritakan tentang Surga, padahal banyak konsep tentang Surga yang belum dipahaminya sebelumnya! Tentunya bukan sekedar orang yang mencari sensasi dengan mengisahkan pengalaman subjektifnya yang supranatural! ]Saya suka skeptis dengan kisah fantastis orang yang mengklaim pernah mengalami perjalanan ke Surga...namun  jika seorang anak usia hampir empat tahun yang mengalaminya dan dengan polos bertutur tentang perjalanannya ke Surga, tentunya itu tidak dibuat-buat!

Buku yang mudah dibaca, tidak berat bahasanya dan menguatkan iman!
Udah lama nih ga nulis resensi buku, dan ini sebetulnya hutang nih...udah sekian lama ndak dikerjakan resensi buku ini! Maaf beribu maaf untuk penerbit Thomas Nelson yang udah kasih buku ini untuk direview :(
I review for BookLook Bloggers
Oh ya buku ini pun juga terbit versi buku anaknya serta yang hobi nonton dvd juga uda dijual dvd film nya:




Learning from Anemone and Clown Fish

This week's to-read-book for kiddos Minggu lalu, kami belajar tentang kehidupan di dalam air dan secara spesifik membahas simbiosis...