Monday, June 29, 2009

Agenda Ibu Rumahtangga 2009

Saya mulai hobi membuat agenda sejak zaman SMP.. Kalo zaman SD kan kita masih dibuatin agenda dari bu guru, kalo ndak salah namanya buku penghubung orangtua guru... dimana orangtua harus paraf tiap harinya untuk memantau kegiatan belajar anaknya.. Terus mulai sejak SMP sudah musti lebih mandiri,murid mulai menulis sendiri agenda masing-masing, bukan Bu guru lagi yang menuliskan..

Lau masa-masa SMU, lagi trendnya nulis agenda di file ukuran A5--dengan aneka kertas file fancy yang saya koleksi juga... Lucu-lucu sih desain kertasnya dan diberi pewangi pula..
Masuk ke zamannya kuliah, file ke kampus saya jadi sedikit lebih raksasa..ukuran B5... semua catatan kegiatan saya dalam seminggu digabung dengan catatan kuliah ngumpul disitu semua...Soalnya saya pulang kuliah ngasih les privat ke rumah anak-anak les, dan jadwalnya beda-beda tiap semester. Menyesuaikan dengan perubahan jam kuliah dan jam anak-anak juga. Pernah suatu kali agenda saya tertinggal dan hari saya kacau banget deh! I'm so dependent on it!

Setelah menikah dan punya anak, saya jadi terpikir... bahwa seharusnya ibu rumah tangga juga harus punya agenda! Ya kan? Sebabnya: tugas-tugas rutin dan non rutin seorang ibu rumah tangga tuh banyakkkkk bangetttttt....Untuk bisa multitasking dengan efektif, harus ada pengelolaan waktu yang detil dan akurat.
And then...
Saya mulai browsing dan mulai mencari situs-situs dan blog yang mengajarkan tentang manajemen rumah tangga. Saya ketemu deh dengan pakarnya...dan menjadi sangat kagum dengan seorang blogger bernama Candy(sayangnya ia memutuskan untuk menutup permanen blognya...) yang membuat semacam agenda seperti yang saya pikirkan dan menamainya "Home Management Binder". Ia memiliki empat orang anak yang semuanya homeschool dan ia hidup tanpa pembantu..WOW! Luar biasa banget..

Lalu saya mulai membuat buku Home Management Binder (agenda ibu rumah tangga) versi "saya" sambil berguru pada Candy:

Ini adalah gambar sampul dari Agenda Ibu Rumah Tangga saya:














Gambar sampul ini saya dapat dari browsing di internet, saya memilih gambar-gambar yang membuat saya semangat untuk membuka agenda saya! :)
*tips: pilihlah gambar-gambar yang membuat anda tersenyum...(nasehat dari Candy..)
Saya pertama kali membuat HMB (home management binder), yang lantas saya namai Agenda Ibu rumah tangga, mengikuti cara Candy, dengan menggunakan odner ukuran F4 yang berlubang 3...


Ini adalah daftar isi Agenda Ibu Rumahtangga saya yang berukuran F4 atau folio:
1. My Philosophy section (Filosofiku)
2. Time Management Section (Manajemen Waktu)
3. Money Management Section (Manajemen Kas)
4. Food Management Section (Manajemen Makanan)
5. House & Home Management section (Manajemen Rumah)
6. Clothing management section (Manajemen Pakaian)
7. Self Development Section (Pengembangan Diri)

Klik link setiap bagian untuk melihat isinya!
Anda pun bisa membuat Agenda anda sendiri!
Langkah-langkah cara membuat agenda versi"anda" lihat posting saya:
Bagaimana cara membuat agenda ibu rumah tangga?

Waktu tahun-tahun awal menjadi ibu, anak saya belum bersekolah, saya merasa agenda saya yang "raksasa" ini masih bisa memenuhi kebutuhan saya di rumah. Kan saya jarang bepergian..
Namun saat anak sudah mulai sekolah dan banyak aktivitas diluar rumah, wah perlu banget sebuah agenda yang mobile..Saya pernah mencoba memakai semacam PDA untuk menggantikan fungsi Agenda Ibu Rumah Tangga saya.. Namun hasilnya..saat baterai habis atau PDA nya henkk..gawat banget tuh, semua jadwal dan informasi penting hilangg...tak berbekas! Kapok deh saya!
Lalu kembali lagi deh ke menulis agenda..Dan akhirnya saya memutuskan membuat agenda saya portable dengan ukuran A4-(tahun 2010)-lalu tahun berikutnya menyusut lagi ajdi A5 (tahun 2011)...
dan agenda saya pastinya akan terus berubah mengikuit perubahan kebutuhan saya..

5 comments:

eha said...

At first, I'd like to post a comment on your other blog ... but here I am, commenting on this one. I myself am a full-time housewife right now, don't know till when .... Let's give our best for our family :D

Agenda ibu rumah tangga said...

hi eha! thanks for commenting!Ya betul,saya setuju... Berikan yang terbaik untuk keluarga!

Eveline Darmadji said...

I have also built one myself. Really grateful to have this binder, a very helpful tool for a homekeeper. Btw, I have a blog about homemaking, too, and I hope you don't mind if I add your blog to my blog list. Thanks.

Agenda ibu rumah tangga said...

Yes,of course! I'll add your blog at my blogroll too.. :)

AstyNNS said...

Ngubek2 postingan lama Agenda Ibu RT bikin sy makin takjub, I have to learn more about home management from You!!! ;)

Learning from Anemone and Clown Fish

This week's to-read-book for kiddos Minggu lalu, kami belajar tentang kehidupan di dalam air dan secara spesifik membahas simbiosis...