Friday, June 26, 2009

Membuat Agenda Ibu Rumah Tangga

Bagaimana cara membuat agenda ibu rumah tangga versi "anda"?

Setiap ibu rumah tangga itu unik dan kreatif, maka agenda yang anda bikin juga tidak harus serupa dengan agenda saya.. Setiap agenda akan mencerminkan kepribadian sang ibu rumah tangga dan didesain untuk menjawab kebutuhan khusus rumah tangga masing-masing.

Peralatan yang dibutuhkan:
1. File atau odner atau organiser--ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan anda.
Saya menggunakan dua buah agenda--yang ukuran besar disimpan meja di samping ranjang saya dan yang ukuran kecil saya selalu bawa di tas tangan saya..
Saya akan mulai dari bahan-bahan yang akan anda perlukan jika anda membuat ukuran yang besar dulu...
i. Agenda ibu rumah tangga ukuran besar:
Saya menggunakan odner ukuran F4 yang berlubang tiga* (bisa dibeli di Gramedia atau Gunung Agung, pilih yang merek Bambi atau Bantex karena lebih awet dan kuat ringnya, serta bagian pada sampul depannya ada ruang untuk menyelipkan gambar-gambar, foto-foto dan judul agenda anda).
*) Odner ukuran F4 ada juga yang berlubang dua. Ada juga odner merek Bambi dan Bantex ukuran A4 yang berlubang tiga atau berlubang dua. Pilih sesuai selera anda...

Jika anda memilih untuk menggunakan odner, maka peralatan berikut anda butuhkan:
- sheet protector: pilih yang sesuai ukuran odner anda!
anda akan butuh banyak sekali sheet seperator (pelindung kertas) untuk menyimpan kertas-kertas dalam odner.
-sheet separator: pilih sesuai ukuran odner anda!
anda akan menggunakan sheet separator untuk memisah-misah tiap-tiap bagian dalam agenda anda!
-zipper pouch: seperti kantong yang ada resletingnya,pilih sesuai ukuran odner anda!
-stabilo dan pena : disimpan di dalam zipper pouch...
Lalu setelah tersedia semua bahan-bahan yang diatas,mulailah berkreasi untuk isinya!!
-gambar-gambar yang menarik bisa anda dapat dengan browsing di google images atau dari situs penjual poster "allposters.com". Lalu gambar yang anda sukai diedit sesuai ukuran dan dicetak dengan printer.

ii. Agenda ibu rumah tangga ukuran kecil: Saya juga membuat Agenda yang mudah dibawa-bawakemana-mana jika saya bepergian. Saya memakai file yang ukuran A5...

Jika anda memilih untuk membuat versi yang mudah dibawa-bawa, maka peralatan berikut anda butuhkan:
-kertas file ukuran A5 untuk notes anda
-sheet separator: pilih ukurn A5
anda akan menggunakan sheet separator untuk memisah-misah tiap-tiap bagian dalam agenda anda!
-zipper pouch: seperti kantong yang ada resletingnya, ini gambar zipper pouch saya yang ukuran A5... Isinya foto-foto, kartu undangan, tagihan-tagihan, tanda terima, dan surat-surat dari kotak pos...

-stabilo dan pena
Lalu setelah tersedia semua bahan-bahan yang diatas,mulailah berkreasi untuk isinya!!
-gambar-gambar yang menarik bisa anda dapat dengan browsing di google images atau dari situs penjual poster "allposters.com". Lalu gambar yang anda sukai diedit sesuai ukuran dan dicetak dengan printer.

4 comments:

betty said...

halo yunie...salam kenal...nice to meet you!
i'm a big fans of home management binder too
awalnya sih pake binder yang gedhe seperti yang disaranin penggagasnya, tapi kok terlalu besar buatku, jadi pindah ke loose leaf.
cuman binderku masih kurang berfungsi, soalnya aku kurang disiplin hehehe...

keep in touch ya!!
God bless you and your family

Yunie 罗 (陈有芳) said...

@betty: nice to know u too..
wah saya jadi pengen lihat agendanya betty..link pleaze..

Ummu Abdillah Sri Muliana said...

nice idea.. jadi terinspirasi..
selama ini melakukan kegiatan rumah tangga..ngalir gitu aja..tanpa manajemen yang baik..
salam kenal ya,,

Ulfah is Me said...

wow, semua yang Anda buat sangat rapi sekali. Saya juga punya agenda, tapi gak serapi itu. Biasanya hanya catatan2 kecil. Btw, blog Anda bagus dan indah sekali. Kebetulan saya juga baru belajar nulis di blog.
Salam kenal ya..senang rasanya bisa melihat blog Anda.
www.terasmaul.blogspot.com

Learning from Anemone and Clown Fish

This week's to-read-book for kiddos Minggu lalu, kami belajar tentang kehidupan di dalam air dan secara spesifik membahas simbiosis...