Sunday, August 30, 2009

Manajer Keluarga

Judul: Manajer Keluarga
Judul asli: The Family Manager
Pengarang: Kathy Peel*
Penerbit: PT Grasindo , 1998

*Kathy Peel adalah pendiri dan kepala editor majalah Family Manager. Ia dan suaminya Bill Peel memiliki tiga orang anak. Ia juga aktif menulis artikel di majalah Family Circle.

Buku ini kayaknya sudah saya baca lima kali atau mungkin juga lebih dari itu, entahlah saya lupa..
Sangat menarik dan menawan hati sebab gaya penulisan Kathy Peel itu loh..yang humoris dan kocak abis. Kathy membuat saya tertawa dengan selera humornya.. Tertawa tentang keadaan rumah tangga saya dan menertawai diri saya sendiri..Namun pada saat yang bersamaan juga sanggup menantang saya untuk bertumbuh dalam pengembagan diri saya sebagai ibu rumah tangga.

Kathy sangat blak-blakan tentang rumah tangganya sendiri. Bagaimana seorang ibu rumah tangga yang "slebor" sepertinya pun bisa mengurus rumah dengan bijaksana dikisahkan sepanjang halaman demi halaman buku ini... Menurutnya sukses sebuah rumahtangga adalah hasil kerja tim seluruh anggota rumahtangga yang bersangkutan!

Kathy membagi manajemen rumahtangga ke dalam tujuh departemen:1-manajemen waktu, 2-makanan, 3-rumah dan properti,4- keuangan, 5-proyek istimewa,6-anggota keluarga dan teman-teman, dan 7-manajemen pribadi.
Ketujuh departemen ini menjadi area rutin yang dianalisa setiap manajer keluarga.

Khusus untuk Stay at home mom, Kathy menyadari pentingnya merubah paradigma dari "saya cuman ibu rumah tangga saja kok" menjadi sebuah kebanggaan saat berkata "saya seorang manajer keluarga".
Seperti kutipan perkataan Rose Kennedy berikut:
"Saya mengawasi pertumbuhan anak bukan hanya sebagai karya cinta dan kewajiban tapi sebagai suatu profesi yang menarik dan menantang seperti profesi lain yang terhormat di dunia dan sesuatu yang menuntut yang terbaik dari saya"

Maka sebagai seorang ibu rumah tangga, tidak peduli apakah anda seorang working mom, single mom ataukah full time mom--tanggung jawab yang sama dan kehormatan yang sama---mengiringi anda saat anda menjalani tugas-tugas di ketujuh buah departemen yang sama!
Anda adalah manajer dari rumah tangga anda! Kathy bahkan membuat sebuah Kredo untuk Manajer Keluarga untuk para manajer luar biasa ini.

Bagaimana memberikan yang terbaik dari diri anda untuk profesi yang terhormat ini?
Anda simak saja langsung pembahasan Kathy Peel sang "Manajer Keluarga" di bukunya dilengkapi dengan tips-tips praktisnya dalam ketujuh buah departemen!

Ini Gambar Sampul yang edisi bahasa Inggrisnya:
The Family Manager

No comments: