Pisang Cemet aka Palu Butung


Bahan:
8 buah pisang kepok
50 gr tepung beras
125 gr gula pasir
1 sdt garam
250 cc sirup marjan rasa pisang
500 cc santan cair
daun pandan dua ikat

Cara membuat:
1. Kukus pisang sampai matang, kupas kulit, sisihkan
2. Campur tepung beras, garam, santan cair, gula , daun pandan, masak dengan api kecil sampai matang dan mengental
3. Siramkan bubur sumsum diatas pisang yang dipenyet dulu, lalu tuang sirup secukupnya diatasnya

p.s : Saya lagi kangen sama "Pisang cemet" khas solo, yang dijual di dekat rumah nenek saya.. Jadinya sisa pisang kepok kemaren kubikin ini deh... Yummy...! Kalo pisang cemet -khas Jawa Tengah tidak perlu dikasih sirup ..kalo dikasih sirup namanya jadi bubur palu butung-khas Makassar.. Menarik yah bisa ada dua menu Nusantara yang serupa...
Memang selera lidah orang Indonesia tuh senada..
Kayaknya cocok juga buat menu buka puasa yah?

Met menikmati....!

Comments

Risma Hutabarat said…
Duh..gambarnya menggoda ya, kak. Kalau lagi bulan puasa gini, yang nggak puasa pun sering jadi terbawa suasanan ya. Suamiku juga jadi sering beli penganan bukaan, seperti kolak yang dibawah ini loh.. ^_^ Makasih untuk resepnya nih..

Oh ya, kak Yunie
Nih ada award untuk kakak...^_^
Sassy Award
Thanks atas penghargaannya..aku jemput awardsnya..wakaka!
btw jangan panggil aku kakak, aku gak tua2 banget kok, panggil saja aku Yunie...
ok, kalo Mba Risma aku panggil Risma aja gak papa ya?
Inda said…
wah...aku suka banget ma palubutung..tapi ga tau cara bikin...asiiiikk...nyoba ah nanti..^^

oh iya...ada award juga nih buat kk...liat aja di sangnona.blogspot.com...
makasi kk...

GBU
Michella_Vie said…
Yun... Gambarnya bikin ngiler bgt. Mao dunks ! Delivery ke Bogor ya. Ditunggu loh hehe.... ^^
@michella_vie: andaikata bisa live, gw kirim...wakaka, eh, belajar bahsa Koreanya lanjut lagi dunkz...
@Inda, thanks buat awardsnya...
Fanda said…
Wah, kok pas aku buka ini, pas habis makan siang. Rasanya pengen banget dapet hidangan pencuci mulut kayak gini!!
Jadi laper liat pallu butung,....
Salam kenal.
@Set@wan Dirgant@Ra: thanks sudah mampir, iya yah..ini salah satu santapan ringan favorit keluarga saya

Popular posts from this blog

Agenda Ibu Rumah Tangga 2011

Rahasia Umur Panjang

Stimming