Wednesday, September 9, 2009

Nasionalisme di mata seorang ibu rumah tangga

Award ini diberikan oleh mba Fanda dan saya merasa sangat tersanjung bisa berpartisipasi dalam menulis tentang "nasionalisme"..sekali lagi...thanks buat mba Fanda!
Nasionalisme....sebuah kata yang belakangan ini sering muncul di benak dan memang kata ini seyogyanya dimengerti oleh setiap anak bangsa..

Saya sempat mengajar les beberapa anak Korea dan menemukan betapa nasionalisme mereka itu sangat tinggi! Saya perhatikan bahwa warga Korea Selatan yang tinggal di Indonesia selalu membeli barang-barang produk asal negaranya. Mulai dari kulkas, TV, handphone, stationery, alat-alat elektronik dsbnya, sebisa mungkin produk Korsel yang dibeli..
Saya tanyakan pada anak les saya, seorang anak usia delapan tahun:
"Mengapa kalian selalu membeli produk Korsel?"
Jawabnya:"Kami percaya dengan kualitas barang-barang buatan negara kami...buatan Korsel pasti bagus!"
WOW.....! Kaget saya dengar jawaban anak ini..
Kita pun harus mencontoh nasionalisme sang anak delapan tahun tadi!

Yuk kita lanjutkan bincang kita...

Sebenarnya apa sih arti kata ini? Yuk..kita intip apa kata kamus tentang nasionalisme!

Akar katanya berasal dari bahasa Inggris "nation" yang artinya bangsa.
Menurut Concise Oxford Dictionary, nasionalisme adalah patriotic feelings, principles or efforts-an extreme form of this marked by a feeling of superiority over other countries.
(perasaan, prinsip, dan usaha membela dan mengagungkan negara- bentuk ektrimnya ditandai dengan perasaan superior terhadap negara lain)

Sekarang kita dengar bocoran para pemikir tentang nasionalisme...

Menurut Otto Bauer: Nasionalisme adalah suatu persatuan perangai atau karakter yang timbul karena perasaan senasib.

Menurut L. Stoddard: Nasionalisme adalah suatu kepercayaan yang dimiliki oleh sebagian terbesar individu di mana mereka menyatakan rasa kebangsaan sebagai perasaan memiliki secara bersama di dalam suatu bangsa.

Nah, saya setuju dengan pandangan kedua "pakar" diatas...

Menurut saya, nasionalisme itu bermula dari diri sendiri.
Setiap individu punya andil dalam membangun citra bangsanya. Berkarya dengan sebaik-baiknya dalam setiap bidang profesi maupun pekerjaan yang kita geluti adalah salah satu cara untuk menampilkan sikap nasionalisme. Sebagai seorang ibu rumah tangga, saya membuat resolusi untuk terus memiliki rasa haus dalam mengembangkan diri dan menjadi pembelajar seumur hidup! Saya belajar terus agar bisa mengajar anaksaya!

Saya mendapat dua kata kunci dari dua orang pakar diatas[ kucoba menggubahnya menjadi dua bait puisi]
"Perasaan memiliki" dan "Perasaan senasib"
(1)
"Perasaan memiliki" bangsa ini haruslah lahir dari lubuk sanubari
jangan baru muncul jika ada pemicunya saja.
"Perasaan memiliki" inilah yang menggerakkan tindakan kita yang muncul dari dalam hati..
Jika "perasaan memiliki" itu terus ada,
mungkinkah sampah tega mengotori jalan raya?
Jika "perasaan memiliki" itu terus ada,
mungkinkah corat-coret tak jelas bermunculan pada sarana umum kita?
Jika "perasaan memiliki" itu terus ada,
hutan dan keasrian alam akan terus terpelihara!
Jika "perasaan memiliki" itu terus ada,
kesenian daerah akan terlestarikan--ada penerusnya...

(2)
"Perasaan senasib" inilah yang menyatukan kita
di tengah keragaman budaya nusantara...
Sekalipun berbeda-beda namun tetap satu bangsa!
Bhineka Tunggal Ika!
Jika "perasaan senasib" itu terus ada,
antri karcis tak harus seruduk sini sana..
Jika "perasaan senasib" itu terus ada,
tawuran pelajar tak lagi merajalela
Jika "perasaan senasib" itu terus ada,
hidup berdampingan tak pandang engkau beda,
selama kita satu bangsa..

Jika "perasaan memiliki" itu ada,
Jika "perasaan senasib" itu ada,
Delapan tujuan Pembangunan Millennium (Millennium Development Goals) bukanlah mimpi belaka!

[Duh..sudah lama gak menulis puisi nih..sejak zaman surat-suratan sama suami dulu...
Jadi agak kagok...]

Semangat dan maju terus yah!!
Terakhir sebelum saya tidur..sebab sudah ngantuk berat..saya hendak membagikan award ini ke rekan-rekan blogger yang lain, namun sesuai perintah dalam awardnya:
1. Buat puisi singkat atau kata-kata atau pesan, pokoknya mengenai Indonesia sebagai bukti kecintaan pada negeri ini….
2. Bagikan ke 10 teman yang lain, para blogger tanah air yang senantiasa memiliki dedikasi dan peduli terhadap segala aset dan budaya bangsa.
Saya bingung nih siapa 10 orangnya, jadi saya bagikan kepada yang comments aja yah...

4 comments:

Fanda said...

wah aku terkesan ama puisinya! boleh gak aku tampilkan di blogku? dgn mencantumkan linkmu of course!
Makasih awardnya dah dipasang!

Yunie 罗 (陈有芳) said...

@mba fanda:tentu saja boleh... silahkan..

Puspita said...

Selamat pagi. Salam kenal kembali.

Inspiratif sekali.

Yunie 罗 (陈有芳) said...

@Puspita: thanks untuk kunjungannya