Thursday, April 1, 2010

Money Matters Part 2: Master Grocery List



Orang-orang terlihat berduyun-duyun menuju kasir di supermarket raksasa itu...
Ada ibu-ibu yang mendorong troli belanjaannya yang penuh sesak dengan aneka produk rumah tangga,
Ada juga anak remaja yang hanya menenteng beberapa kaleng minuman ringan..matanya melirik kesana kemari mencari antrian yang paling "pendek", berharap ada kasir khusus untuk pembeli yang terburu-buru..

Semuanya berbaris menunggu giliran untuk membayar.. Diantara antrian itu, ternyata Pak badru [sang suami] pun ikutan antri dengan motif "menyelak" secara baik-baik...

Suami: Ibu cepat belanja sana, saya berdiri disini [antrian kok sembilan troli...bisa lama kalo ndak antri duluan] supaya waktu kita tidak terbuang menunggu antrian.. Jangan lupa saya nitip beli amplop coklat dan kertas folio! [kepala geleng-geleng, tanda tak sabar melihat antrian yang panjang]


Sang isteri bergegas untuk mengambil barang-barang yang hendak dibelinya--sudah tercatat di selembar kertas daftar belanjanya:
  • gula pasir
  • 1 kg tomat
  • susu cair
  • merica bubuk
  • detergent
  • shampo
  • odol si kecil
  • bayam
  • apel

Seperti biasa, sellau dengan ditemani si kecil yang duduk manis di dudukan troli...
Ia sibuk menatap etalase yang dipajangi aneka macam benda-benda..
Begitu banyak barang yang menarik dilihat mata dengan label harga khusus..harga spesial...buy one get one!... Tak heran jika--ibu dan anak--sama-sama terjangkit penyakit menular yang sama..Penyakit pikiran mendadak kosong...

Isteri: [mendadak amnesia kambuhannya kumat--gejala-gejala: penyakit lupa apa yang hendak dibeli dan pulang membeli yang tak perlu dibeli] Tadi Bapak nitip apa ya?
Kok tidak ingat sama sekali? Kamu inget ndak, nak? [si kecil menggeleng]

Akhirnya setengah jam berlalu, sang isteri mendorong trolinya menuju tempat antrian sang suami..Wah pas sekali timingnya! Tinggal satu orang lagi dan Pak Badru menuju kasir.. Seorang pria yang antri di belakang Pak Badru--terlihat tidak senang..

Isteri: Permisi, Pak, saya mau lewat..[mendorong troli menyelinap masuk ke antrian, wajah tersenyum paksa..]

Tiba di rumah.
Suami segera mengetik laporan yang harus diserahkan besok..

Suami: Kertas folionya mana, Bu? Mau nge-print nih.. Siapkan juga amplop coklatnya

Isteri:????

Kejadian seperti diatas sering dialami kalau sedang belanja mingguan... Suka lupa dengan titipan orang lain... :)
Bahkan suka lupa dengan apa yang perlu dibeli..
Agar tidak mengulangi skenario yang sama, maka mari kita membuat catatan item demi item apa saja yang perlu dibeli secara teratur dan kita namai catatan ini Master Grocery List.
:) Ternyata sangatlah membantu dan mengurangi adegan "lupa" kayak diatas.. :)

Bagaimana cara menggunakan Master Grocery List:
1.Membuat Master Grocery List yang isinya daftar barang belanjaan yang dibeli secara teratur..
Master Grocery List saya bisa di download di link ini: Master Grocery List

2. Print dan tempel di pintu kulkas

3. Siapkan plastik transparan seukuran kertasnya, letakkan diatasnya sambil ditindih dengan magnet kulkas..

4. Siapkan spidol yang bisa dihapus,bisa pakai spidol papan tulis..
Nah, saat saus tomat habis, centang tulisan saus tomat [dengan spidol yang bisa dihapus], semua item yang habis dicentang demikian sehingga pada saat akan belanja, item-item yang dicentang tinggal dipindahkan ke kertas daftar belanjaan....Plastik transparan yang berisi centangan bisa dihapus dengan tissu dan digunakan kembali.. :)
:)my lovely fridge

Huff...I really enjoy my grocery day with Josh!

3 comments:

wina said...

hahaha... saya juga sering tuh lupa apa yg mau dibeli. biarpun udh dicatat, bisa salah juga. hehe...dan stick dg catatan itu susah sekali...akhirnya beli yg ngga direncanain juga deh ;p

Wina _ www.yourbeautyinside.webs.com

Yunie 罗 (陈有芳) said...

thanks sudah leave comments, saya mampir ke blognya mba wina yah.. :)

eha said...

Satu lagi artikel yang memperlihatkan ketelitian dan keseriusan dalam mengurus rumah tangga ... ;p