Menu Planning

Woman, Cooking, Women at War Magazine, UK, 1942

"Hari ini mau masak apa yah?" demikian pertanyaan klasik yang khas banget dan sering banget ditanyakan oleh para ibu rumah tangga.. 
Waktu makan terjadi 3 kali dalam sehari---lantas ada 7 hari dalam seminggu--dan 4 minggu dalam sebulan..3X7X4=84 kali menu makanan dalam sebulan yang harus dirancang oleh setiap homemakers.. :)

Tentunya wajar jika pertanyaan diatas lantas sering jadi bahan pemikiran para homemakers...

Mrs.Helen Andelin di buku best seller-nya Fascinating Womanhood berkata "Adalah penting  makanan tersaji tepat waktu, bergizi dan terasa lezat.."

Menu yang efektif adalah seperti kutipan dari Mrs.Helen Andelin diatas--disajikan tepat waktu, bergizi dan lezat rasanya--serta ekonomis, sesuai dengan budget belanja bulanan.

Bagaimana merancang menu yang efektif yah?
-Setiap keluarga pasti punya menu masakan favorit yang disukai semua anggota keluarga, serta resep-resep lainnya yang sudah dikuasai oleh sang ibu rumah tangga..
Semuanya bisa dicatat di sebuah kertas atau buku, diberi nama My Family's Favorite meals --ini bisa jadi bahan referensi memilih menu.. :)

-Lalu aneka menu ini bisa dirangkai dalam Menu Planner (klik untuk download) sehingga pada waktu belanja mingguan bisa dibeli bahan-bahannya sekalian.. 
(saya suka banget menu planning dan grocery planning! :) hihihi ) Oh ya, saya sangat kagum dengan seorang ibu di komunitas yang kami join, Ibu Cynthia namanya, beliau sangat piawai merancang menu! Menu dirancang one month ahead! Ck Ck Ck! Salut banget ada ibu yang demikian..

-Berikut ini ada beberapa situs yang membantu banget buat kegiatan menu planning..

1. Supercook.com
Situs ini untuk yang bingung mau masak apa...
Anda tinggal tuliskan saja bahan-bahan(ingredients) yang tersedia di dapur anda, klik tombol add, lantas akan muncul aneka resep yang bisa diolah dari bahan-bahan tersebut. Seru dan kreatif abis!

2. Worldshealthiestfoods.com
Ini adalah daftar info nutrisi bahan-bahan makanan yang akan diolah..
Tinggal klik jenis bahan yang kita akan masak dan kita langsung tahu info lengkap kandungan nutrisinya!

3.Interactive menu planner
 Untuk tracking jumlah kalori dari food intake, ketik saja makanan yang kita makan apa saja, langsung keluar total kalori yang kita asup, situs ini bisa untuk membantu bagi yang sedang diet!

Well, have fun with menu planning adventure!

Comments

Ria Nugroho said…
cobain ahhh ke TKP satu satu :D
Lyliana Tia said…
I love menu planning. It's fun! Biasanya cuma merancang untuk 1 minggu, tapi keseringan berantakan. hehe...
@Mba Ria: tukeran link yukkk
@Lyliana: salam kenal!
Asty said…
Selama ini sy jg mengumpulkan resep2 masakan, tapi sering kacau perencanaan menunya, lama2 bosan dgn masakan sendiri.*feeling guilty*

Berdasarkan tips diatas, skrg sy mau buat kumpulan resep2 favorit keluarga yg benar2 bisa sy praktekkan sehari2, dipisah dgn resep2 yg kadang2 dipraktekkan, supaya gak bingung sendiri.hihi..
aku juga pasang linknya Mba Asty yah di blogku, Asikk! :)
PS: Ntar share resep2nya di blog mba yah.. :)
aku juga pasang linknya Mba Asty yah di blogku, Asikk! :)
PS: Ntar share resep2nya di blog mba yah.. :)

Popular posts from this blog

Agenda Ibu Rumah Tangga 2011

Rahasia Umur Panjang

Stimming