Thursday, May 27, 2010

Rotasi menu


Anak anda rewel soal makanan?
Anda stres setiap kali waktu makannya tiba?
"Duh repottt bener sih, wong makanan tinggal ditelan aja kok musti pake acara diemut segala??? " keluh seorang ibu.

Demikian problema khas anak balita yang rewel soal makanan..
Nah, untuk anak yang besar, problemanya lain lagi..
Karena sudah dewasa, mulai deh pilih-pilih menunya..
Kalo yang dia suka, makannya banyak..
Kalo yang kurang suka, makannya dikit aja..
Kalo gak suka, gak mau makan..???
 
"Ah, menunya ini lagi..ini lagi...! Bosen ah!", keluhnya seraya memonyongkan bibir bawahnya. Acara makan pun dijalani dengan "terpaksa" dan bahkan mengancam mogok makan kalo menu yang sama diulang terus...

Tidak hanya anak-anak, ternyata suami pun juga bisa bosen  kalo hidangan yang sama disajikan berturut-turut dalam tempo yang berdekatan..

Bagaimana yah menyiasati ini?
-Ada baiknya membuat backup menu plan selama satu minggu. Ada juga ibu-ibu yang membuatnya dua mingguan, bahkan ada yang sebulan... 

Ini backup menu kami selama satu minggu:
Week 1: * pilih salah satu
Monday
Breakfast-Bubur ayam, telur ayam kampung rebus, susu
Lunch*-ayam obat -ayam angkak
Snack-biskuit
Dinner-moon tahu, buah



Tuesday
Breakfast*-nasi uduk/nasi kuning,tahu bacem, susu kacang
Lunch- sayur asem, ayam kuning
Snack- puding
Dinner-sayur asem, tempe goreng, ayam kuning, buah

Wednesday
 Breakfast*-Mie ayam/kwetiauw ayam/Mihun ayam/Nasi tim dan jus
Lunch*- Mie ayam/kwetiauw ayam/Mihun ayam/Nasi tim--sebagian daging dan kuah ayamnya disimpan di freezer utk weekend
Snack*- bubur kacang hijau- kacang merah/ aneka kacang
Dinner*- Bulgogi & kimchee/ Teppanyaki, buah


Thursday
 Breakfast & Lunch*-Try new recipe day -kesempatan utk uji coba menu baru..
Snack*- French fries/Nugget goreng
Dinner*- Miso soup & sushi/ nasi capcay, buah

Friday
Breakfast*-Nasi goreng Jawa/Hongkong/Thailand 
Lunch- Sup tom yum
Snack*-Singkong Thailand/bolu kukus/es blewah/banana split--double portion  for weekend
Dinner*-Sup tom yum/Sukiyaki/Shabu-shabu, buah

 Saturday
Breakfast*-sandwich & salad/burger/hotdog, telur kampung rebus, susu
Lunch*- DINE OUT/ stok makanan yang di freezer
Snack- sisa makanan Jumat
Dinner*-DINE OUT/stok makanan yang di freezer

 Sunday
Breakfast*- sandwich & salad/burger/hotdog, telur kampung rebus, susu
 Lunch*-DINE OUT/stok makanan yang di freezer
  Snack-sisa makanan Jumat
Dinner*-DINE OUT/stok makanan yang di freezer

PS: Backup menu hanya untuk inspirasi aja, tidak harus diikuti persis.. Saya suka mendadak banting setir masak yang lain..  

-Lalu ditambah dengan membuat kliping menu-menu favorit keluarga di sebuah folder khusus.. Dari kliping itu bisa membantu saat lagi bingung mau masak apa.. Ide-ide masak pasti segera bermunculan.. :) Sehingga menu yang disajikan selalu variatif..Yang makan gak bosen dan kita pun semangat masaknya.. :)
-Saya suka menggunting menu-menu dari koran atau majalah lalu saya filing untuk jadi bahan uji coba di dapur...Menu yang sudah dicoba diberi tanda. Menu baru yang disukai keluarga akan masuk di list favorite meals..

Menu-menu favorit keluarga kami saat ini antara lain: Sayur asem, Sop buntut, Sop iga sapi,nasi Bakmoy, spaghetti bolognaise, mie ayam, soto Betawi, dan Laksa Betawi.


Satu hal yang saya anggap sebagai anugerah dari seringnya memasak: keahlian memasak semakin terasah..hahaha.. :) Ilmunya naik selevel lagi deh... :)


Oh yah, saya ketemu sebuah video yang mungkin bisa membujuk anak-anak yang susah makan untuk menghargai makanan yang ada dan gak pilih-pilih...
Saya terharu loh nonton ini..membuatku bersyukur dengan makanan yang ada di meja kita..

Chicken a la Carte : Sutradara: Ferdinand Dimadura | Genre: Drama | Tahun Produksi: 2005
Sinopsis: Film ini mengisahkan kelaparan dan kemiskinan sebagai dampak dari Globalisasi.  Ada kurang lebih 10,000 orang yang sekarat setiap harinya karena kelaparan dan kekurangan gizi. Film pendek ini menunjukkan bahwa ada orang-orang yang hidup dari sisa-sisa sampah orang lain. Yang sangat menginspirasi adalah iman dan keyakinan yang tidak pernah meninggalkan mereka.

 

3 comments:

TriZ said...

terima kasih banyak infonya, buatku sangat penting sebagai ibu rumah tangga yg punya balita.. GOOD... GOOD... ibu yg satu ini kreatif sangat...

Agenda ibu rumah tangga said...

Thanks mba triz, jadi ge er

intan rawit said...

thanks sharing infonya ya mba..saya masih newbie dalam urusan rumah tangga ni, pas banget nemu blog ini..jadi tau ternyata rumah tangga semuanya jg perlu dimanage, termasuk menu makanan..
langsung saya praktekan ilmunya.makasih yaa mbaa..keep sharing

Learning from Anemone and Clown Fish

This week's to-read-book for kiddos Minggu lalu, kami belajar tentang kehidupan di dalam air dan secara spesifik membahas simbiosis...