Gaji sang Ibu Rumah Tangga

Picture taken from Allposters.com

Weekend lalu terjadilah reuni SMU Mannizz di sebuah cafe di bilangan Jakarta..
Empat orang  gadis mantan alumni SMU Manizz dipertemukan kembali oleh sang waktu..
Mereka berpelukan, bertukar cerita, menyambung kembali tali persahabatan yang seolah terhenti oleh kesibukan kehidupan masing-masing..
 Curhat-curhat para gadis yang kini sudah menjadi para wanita matang nan jelita ini ngalor ngidul membicarakan berbagai topik..
Namun si Ibu rumah tangga langsung tak nyaman saat topik beralih ke yang satu itu..

Gajimu berapa?

"Gajiku tahun ini naik 10%, seperti biasa, tiap awal tahun pasti naik sekian", kisah salah seorang yang kini menjadi staf admin di sebuah perusahaan properti.

"Bulan ini komisi yang aku dapat lumayan nih, bisa buat tambah-tambah bayaran uang pangkal anakku..", ucap yang satunya lagi-kini ia menjadi staf marketing alias sales produk kosmetik.

"Hmm, sebagai karyawan freelance, yah penghasilanku tergantung proyek dan job yang kuterima..tak menentu..", ujar si freelancer.

Bagaimana dengan seorang homemaker alias ibu rumah tangga?
Berapa yah gaji seorang stay at home mom? Si Ibu rumah tangga jadi berpikir serius..
Jawaban dengan nada bercanda: "yah...saya kan PNS-penghasilan nebeng suami.."
"Gaji??? Mana ada sih hitungan gaji"
Jawaban menyanjung--berusaha menghargai diri sendiri:"Gajinya tentu saja ...unlimited..!"
Wah kayaknya klise banget yah jawaban ini.
Seandainya gaji seorang ibu rumah tangga dihitung nilai ekonomisnya, kira-kira berapa rupiah jumlah yang muncul?

Saya iseng aja ingin tahu jumlahnya..
Saat browsing tentang hal ini, saya ketemu sebuah situs yang menarik-http://swz.salary.com/.
Situs ini menyediakan sebuah kalkulator bagi para ibu rumah tangga untuk menghitung jumlah gaji (salary) yang selayaknya diperoleh berdasarkan kalkulasi jam dari aneka kegiatan-kegiatan yang ia kerjakan.
Ibu rumah tangga punya job description yang multitasking, dari jadi koki, ahli gizi, suster, babysitter, PRT, sopir, akuntan, teknisi, guru pribadi, psikolog, tukang cuci,dsbnya...Komplit dech! :)
Nah mari kita mencoba kalkulatornya untuk tahu kisaran gaji tahunan yang seharusnya diperoleh.. hihihi!

Tahap pertama- Masukkan data mengenai jumlah anak dan status ibu, apakah bekerja atau stay at home.
Tahap kedua-Masukkan data kode pos untuk perhitungan kisaran upah/gaji  di daerah tersebut. Kode pos yang diterima oleh kalkulator ini hanya untuk wilayah Amerika Serikat saja. Saya memasukkan kode posnya 85901, sebab daerah ini standar hidupnya termasuk yang "biasa saja" untuk ukuran Amerika Serikat.
Tahap ketiga- Rinci setiap tugas beserta perkiraan jam kerjanya
Tahap terakhir-See your paycheck...! :) Tapi jangan demo ke suami dan minta naik gaji yah...Ini untuk iseng2 aja.. :)
 LOL! :)
Selamat mencoba!
klik link dibawah ini untuk menuju kalkulator:
kalkulator gaji ibu rumah tangga
sumber:
http://swz.salary.com/momsalarywizard/layoutscripts/mswl_newsearch.asp?momtype=1&preschool=1&schoolage=0

PS:
Ada pula sebuah artikel perhitungan nilai ekonomis seorang homemaker yang menarik untuk disimak: http://www.womenwork.org/resources/tipsheets/valuehomemaking.htm

Comments

phiena-venus said…
Terkadang muncul rasa minder jg sih buat kita yg hanya sebagai IRT. Tapi selalu berusaha menilai dr sisi ibadahnya saja. Kalau diniatkan ibadah dan ikhlas ngerjain semua kerjaan rumah, insya Allah tak ternilai deh gajinya :)
Setuju dengan pendapatnya, tak ternilai juga artinya bagi yg menjalaninya
Lina Gustina said…
Sangat menarik! Kalo lagi reuni, masalah klasik ini selalu muncul...

Saya juga IRT, supaya bisa ada penghasilan (besar kecil alhamdulillah), ngeblog buat nyari dollar juga, hehehe...
Iya, sama nih saya juga mencoba menambah income lewat blogging
Oktavia said…
Peluang bisnis internet online dengan mengalihkan belanja bulanan?
Kerja pintar…BUKAN kerja keras..
Hanya di d’BC Network http://www.IbuBekerja.com/?id=gogogirls
Rumah kpr said…
setuju sekali, coba untuk berusaha

Popular posts from this blog

Agenda Ibu Rumah Tangga 2011

Rahasia Umur Panjang

Stimming