Friday, July 23, 2010

Rahasia Umur Panjang




Judul: Rahasia Umur Panjang
 Pengarang : dr. Elizabeth Subrata*
Penerbit: Adonai Publishing, 2004

*)dr. Elizabeth Subrata adalah seorang dokter sekaligus ibu dari dua anak. Ia dan suaminya menggembalakan Gereja Kemuliaan Sion di Jakarta.  Ia telah menjadi pembicara di berbagai seminar kesehatan serta melayani penyuluhan sebagai konselor kesehatan.

Buku ini mengajak para pembacanya untuk menyadari pentingnya kesehatan. Kesehatan adalah anugerah yang sangat berharga, sehingga kita harus menjaganya supaya bisa berumur panjang. .

Dikisahkan di bagian pendahuluan buku ini, bahwa pada awal abad ke 20, sekitar tahun 1940-an, Dr. Robert McGarrison mempelajari orang-orang Hunza yang hidup di Pegunungan Himalaya. Mereka memiliki masa hidup rata-rata berkisar dari 90 sampai dengan 120  tahun. Para dokter tidak menemukan adanya penyakit kanker, bisul, radang usus, penyakit jantung maupun darah tinggi pada orang-orang Hunza ini. Apa rahasia kesehatan dan umur panjang orang-orang Hunza ini?
Ternyata mereka memiliki kebiasaan makan kacang-kacangan, biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan serta polong-polongan. Pola makan mereka adalah pola makan alkitabiah, sesuai yang tercantum di Alkitab (Kejadian 1:29).

Pasca tahun 1949, orang-orang Hunza diungsikan ke Pakistan. Pola makan mereka berubah dan masa hidup mereka memendek. Kesimpulannya: Pola makan kita akan menentukan umur kita.

Buku ini membahas pola makan seperti apakah yang seharusnya kita terapkan jika ingin berumur panjang. Saya sendiri sudah baca ulang buku ini dua kali. Buku ini termasuk salah satu dari buku favorit saya, yang senantiasa saya baca ulang terus. Kayaknya pantaslah kalau buku ini dijadikan manual kesehatan rumah tangga :). Banyak nasehat-nasehat praktis yang disertai alasan-alasan medisnya, sebab pengarangnya adalah seorang dokter. Hm, saya pengen banget ikut salah satu seminarnya Ibu Elizabeth Subrata.. :) Ingin dengar langsung dari pengarangnya...

Kalo yang tertarik beli bukunya klik saja gambarny, bisa dibeli online kok! :)





9 comments:

Lina Gustina said...

Kebanyakan penyakit memang datang dari apa yang kita makan...

Terima kasih komentarnya, sekarang rumah masa kecil saya jadi restoran ABC Spaghetti di Bogor.

Lina Gustina said...

Mampir lagi...

Linknya sudah dipasang di Blog Lists :)

http://www.womenandperspectives.com

TriZ said...

buku2nya menarik juga yah... wuih mba yuni kayaknya kutu buku deh.. makasih lo infonya

Agenda ibu rumah tangga said...

@Lina Gustina: iya aku link balik ya, thks! Aku sering juga ke Bogor.. :)
@Triz: iya nih suka banget ma buku sejak kecil..

Sang Cerpenis bercerita said...

kacang2an ? tapi gak boleh terlalu bnyk lho. bisa asam urat.

Agenda ibu rumah tangga said...

harus imbang proporsinya, biar lebih seru, dibaca langsung aja di bukunya... :)

harto said...

memang faktor utama dari makanan dan pikiran, biasanya kita sebagai manusia tidak tahan bila melihat hidangan ataupun makanan yang menggoda selera

aLamathuR d'hileudjapanist II said...

saya pernah baca bukunya di Gramedia tahun lalu... tapi walaupun dah baca hampir setengahnya, tetep ga dibeli tu buku... (penjaga gramedianya dah merhatiin terus... hehee...)

joanna said...

hmm..memang kita harus menjaga pola makan kita agar tetap sehat yah mbak..kyknya menarik juga yah bukunya :) salam kenal

Learning from Anemone and Clown Fish

This week's to-read-book for kiddos Minggu lalu, kami belajar tentang kehidupan di dalam air dan secara spesifik membahas simbiosis...