Bubur Aneka Polong-polongan

 
Menurut buku "Rahasia Umur Panjang" sangatlah baik mengkonsumsi aneka polong-polongan yang dipadukan dengan padi-padian agar proteinnya utuh.

Bubur aneka polong-polongan yang saya buat ini merupakan paduan tiga jenis polong* (yakni kacang hijau, kacang merah dan kacang kedelai) dengan beras merah. Cara memasaknya juga simple, enak banget dimakan hangat-hangat. Saya setiap dua minggu sekali pasti masak bubur ini...Kalau masih ada sisanya bisa dibikin es mambo.. Lezat! :) Nah, ini cara membuatnya..



Bahan:
250 gr aneka polong-polongan*, cuci, lalu rendam semalaman
150 gr gula merah aren, cairkan, saring
1 lbr daun pandan
250 cc santan encer
1 ruas jari jahe
1 sdt garam
750 cc air

Cara membuat:
Masukkan aneka polong-polongan ke dalam panci yang sudah diisi air, rebus hingga mendidih, lalu kecilkan apinya.

Masukkan daun pandan untuk pewangi, lalu jahe dan garam.

Masukkan gula dan santan terakhir.  Panaskan  terus hingga kacang lunak dan siap untuk disajikan.

Jika ingin memasak dengan cepat, bisa di masak dengan panci presto. Panci presto yg saya pakai merek IYASHI,kira-kira 1 jam sudah jadi buburnya. Bubur ini selain bergizi, ternyata enak juga disantap untuk snack di sore hari maupun untuk menu sarapan.

my son likes it..


note*:
Bubur aneka polong-polongan ini merupakan paduan tiga jenis polong (yakni kacang hijau, kacang merah dan kacang kedelai) serta beras merah.

Kacang Hijau (Mung Bean or Geen Bean 绿豆 lǜ dòu) Vigna radiata/Phaseolus aureus
Kacang Merah (Azuki Bean or Red Bean 紅豆; hóngdòu)Vigna Angularis
Kacang kedelai putih (Soya Bean or 大豆 dàdòu Glycine max)
Beras Merah (Weedy red rice)

Comments

Asty said…
Aroma makanan enak kecium sampe ke rumah tetangga nich,hehehe...Mbak, beras merahnya biasa kan bukan yg ketan gitu?

Sy copas ya pengen dicoba di rumah ;D


www.grosirlaundry.com
www.ceritaasty.blogspot.com
Asty said…
Mbak, resepnya udah sy coba, walopun minus beras merah tapi teteup enak, suamiku jg suka pdhal biasanya dia gak terlalu suka bubur kacang ijo pake santan, tapi krn ada jahenya jd gak enek ;))

Ditunggu resep2 berikutnya ;D
iya,saya juga suka tuh sekeluarga... :)
PS: polong2ngannya direndam semalaman dulu biar empuk, lupa ngasih tahu di posting...
Yanti Ciner said…
bahannya ada semua di rumah nih, tak cari di lemari dulu deh.......
Fanda said…
Duh..bikin kepingin aja Yun!
Pa kabar? Aku baru saja bikin blog baru. Temanya tentang wanita, jadi kayaknya cocok dgn blogmu ini. Tukeran link yuk? Aku udah pasang blog ini di blogrollku. Mampir yaaa..: http://fandafitness.blogspot.com
Fanda said…
eh..tadi komenku muncul apa gak ya??
@Yanti Ciner: sippp
@Fanda: aku main ke blog mba yah..oke deh, tukeran linknya
TriZ said…
kayaknya enak yah ade sampe lahap tu makannya
eha said…
What a wonderful smile .... I see a happy, little boy enjoying his mom's love and care.
Lina Gustina said…
Jadi pingin nyoba deh. Terima kasih ya resepnya :)
Risma Hutabarat said…
Kacang merah favoritku, mbak :D
Kami punya langganan yang jual es kacang merah disini. Sedap dan sehat :)

Risma
@Mba Triz: wah masakanku kayaknya masih kalah levelnya sama masakan mba Triz... :)
@eha: thank you..how are you my friend?
@Lina Gustina:iya, sama2, semoga suka ya
@Risma: aku juga suka es kacang merah... :)
Lina Gustina said…
Mampir di sini untuk menyapa...
Minta izin copy buat file pribadi yah. Sayang suami saya ngga suka kacang merah, jadi ya terpaksa tanpa kacang merah. Padahal saya suka banget kacang merah :(
TriZ said…
hahaha... malu-maluin, aku masuk dapur pas nikah ilmu masak-ku baru seumur jagung, dulu2nya main mulu.. hehe
joanna said…
wahh..hrs dicoba nih..enak kyknya..:) makasih resepnya mbak..salam kenal, thx udah mampir ke blog saya..tukeran link yukk
http://www.citrawanita.com

Popular posts from this blog

Agenda Ibu Rumah Tangga 2011

Rahasia Umur Panjang

Stimming