Memilih Font yang Hemat Tinta atau Hemat Kertas?


Merubah jenis font yang dipakai untuk mengetik di dokumen ternyata bisa menghemat tingkat pemakaian tinta printer anda! Sebuah percobaan dilakukan di University of Wisconsin-Green Bay, dimana font di semua dokumen yang dicetak di universitas tersebut dirubah ke jenis Century gothic. Hasilnya? Penghematan sekitar $5,000 sampai dengan $ 10,000 per tahun dalam nilai pembelian tinta!

Jenis font yang berbeda akan butuh jumlah tinta yang berbeda saat dicetak. Font yang hemat tinta cenderung memiliki bentuk desain huruf yang tipis. Sebuah perusahaan Belanda, Printer.com, melakukan uji coba dengan aneka jenis font populer dan menemukan bahwa urutan tertinggi font yang hemat tinta adalah Century gothic dan Times New Roman. Century Gothic lebih hemat tinta 30% dibandingkan arial.

Wah, selama ini saya terbiasa menggunakan  jenis font Arial untuk dokumen-dokumen saya..berarti saya gak hemat tinta dunk..  :( Soalnya seingat saya waktu zaman kuliah dulu, font standar untuk tulisan ilmiah seperti skripsi dan karya tulis adalah Arial dan Times New Roman . Alasan praktisnya-- bentuk desain font-nya yang mudah dibaca. 

Nah, hal yang agak menggelitik disini adalah jenis font Century gothic yang jawara hemat tinta ternyata ukuran fontnya gendut-gendut sehingga tidak hemat kertas...
Satu halaman dokumen dengan jenis font Arial, bisa jadi lebih dari satu halaman jika diketik dengan Century gothic .. Pilih hemat tinta atau hemat kertas nih? :)
Pilihan yang lebih ramah lingkungan yang mana?  :)

PS: Hm, untuk ngeprint quotes-quotes yang aku tempel di home management binder, saya suka menggunakan font yang fancy atau yang berbentuk seperti tulisan kaligrafi. Saya hanya menggunakan jenis font ini untuk mencetak judul folder, judul kliping dan aneka quotes yang saya kliping atau  pajang di kulkas dan pintu kamar-alasannya supaya eye catching..he3

Favorit saya antara lain Scriptina dan Little Lord Font Leroy:






Aneka jenis font yang disebutkan di posting ini, bisa didownload di situs ini:

Jadi sebaiknya dan idealnya pakai font jenis apa? Pilihan di tangan anda... :)

Sumber:
http://www.newsvine.com/_news/2010/04/06/4123546-heres-a-legal-way-to-print-money-change-the-font

Comments

j4j said…
aku lebih suka memakai font yg meliuk-liuk tapi masih bisa dibaca dengan jelas...!!! apalagi buat pengingat yg biasa ku tempel di kamar, klo pake font TNR udah kayak materi kul, bikin males bacanya...!!!

Salam kenal mbak yunie, maunya manggil "mbak agenda rumah tangga" tapi kepanjangan, untungnya nemu yg lebih pendeh, hehehee...!!!
iya, font TNR tuh membuat kita jadi "serius" dan tegang, inget nya suasana kuliah dan deadline skripsi, he3, salam kenal juga!
narti said…
salam kenal juga...
bener banget tuh, lebih baik disesuaikan dengan keperluan kita, biar irit n serasi.
aku suka font yg tegas dan mudah dibaca daripada yg berukir tapi susah dibaca.
@narti: thanks udah mampir sini dan leave comment, iya tul..setuju
@Sang Cerpenis bercerita: wah kalo ngirim nasakah biasanya pake font apa nih? :)
TriZ said…
Kalo untuk yag resmi aku sering pake time new roman, tapi paling suka jenis huruf comic.. lucu tapi sekarang mungkin harus pikir2 dulu nih kalo mo nge-print.. hehe
joanna said…
Berhubung kerjaan di kantor tulisannya ga bisa semaunya, aku biasanya pake arial or TNR :P pdhal aku ga happy pake itu juga..aku sih fav nya yg tulisannya ga kaku2 gt sih :)
Lina Gustina said…
Hemat tinta atau hemat kertas? Pinginnya sih hemat dua2nya, hehehe. Tetapi sekarang lagi jarang ngeprint nih. Kalo saya harus milih, pilih yang hemat kertas aja...
@TriZ: comic memang lucu bentuknya, sering kubuat ngeprint flashcards buat anakku
@joanna: iya, kalo yg resmi biasanya anatar arial and TNR
@Lina Gustina: ya, hemat kertas lebih baik yah.. :)
Asty said…
Century gothic termasuk font favorit saya krn bentuknya yg gendut2 itu, hehe...tapi biasanya ukuran tulisannya saya ubah ke 10 atau 11, jadi gak terlalu makan tempat ;D
fandafitness said…
Kalo untuk urusan kantor aku labih suka pake Book Antiqua karena gampang dibaca meski via fax. Untuk web & blog aku suka Verdana. Kalo soal hematnya, sekarang sih jarang ngeprint, kayaknya gak akan ngefek deh
therahmans said…
horeee!
font pilihanku irit tinta!! aku sukaa banget century gothic atau comic sans!
bhe said…
font favorite saya calibri..ukuran 9..tapi kadang saya suka pake yang classic TNR :)

Popular posts from this blog

Agenda Ibu Rumah Tangga 2011

Rahasia Umur Panjang

Stimming