Saturday, October 30, 2010

Apple Pie

Hari ini salah seorang teman blogger Jessica,datang ke rumah dan kita baking bareng...
We call it "apple pie day"! Posting ini saya edit yah..saya tambahkan foto-foto step by stepnya! Soalnya hari ini ada fotografer yang dateng [melirik kearah Jessica wakaka].Jadi sepanjang kami memasak, kami saling foto memfoto.. Berganti-gantian profesi antara fotografer dan model..wakaka..

Bayangkan saya sudah membuat apple pie tiga kali dalam satu bulan ini!   :) Wow!
Semuanya bermula sekitar dua mingguan yang lalu, saya terbayang-bayang bak wanita ngidam, ingin banget makan Apple Pie.. Hmm, lezat dan praktis cara membuatnya..Lantas teman saya di komunitas keluarga SK, Ellen yang jago masak abizz--berbaik hati mengajarkan resep berikut ini.
Bahkan saat bingung mau beli loyang pie nya, dia juga yang membelikan di toko langganannya. Thanks a lot, Len! :)
Fresh from the oven Apple Pie
ini foto saat mencoba membuat pertama kalinya


Bahan:
2-3 buah Apel hijau(granny smith atau apel malang--menurut teman saya Jessica, apel malang lebih lezattt hasilnya)
1 sdm bubuk kayu manis
3-4 sdm gula pasir
1 sdm mentega
puff pastry siap pakai, dipotong seukuran loyang apple pie- atau anda juga bisa membuat sendiri kulitnya -lihat resepnya disini.
 
Loyang yang saya gunakan berdiameter 20 cm

Cara Membuat:

Isi pie:
 kupas apel hijau, potong-potong seperti mau membuat keripik.
 
Baluri apel yang sudah dipotong-potong tadi dengan  3-4 sdm gula pasir. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, sampai berair.
 
Panaskan wajan, tumis apel dan sari-sarinya dengan mentega, taburi bubuk kayu manis saat sudah berubah warna.

Sementera menunggu isi pie agak mendingin, panaskan oven dengan panas sedang.

Kulit Pie: Potong puff pastry seukuran loyang lalu letakkan di loyangnya.
 
 Tusuk-tusuk dengan garpu (ini saran dari Jessica, supaya crust nya bagus hasil panggangannya)

Tuang isi pie diatasnya.
 
Hias dengan sisa puff pastry yang ada.
 
Masukkan ke oven 45 menit. Tips dari Jessica" bagian atasnya disemir dengan kuning telur agar terlihat lebih cantik. Namun, berhubung Yunie tidak setelaten Jessica, ya udah langsung aja...dan hasilnya pucat.. :) HAHAHA

Saya suka banget resep ini!  :) Inilah hasil apple pie hari ini--kolaborasi Jessica dan Yunie.
Hahahaha... :)

Selamat mencoba juga yah...
Oh ya,  apple pie ini adalah menu dessert khas Amerika Utara, biasanya disajikan dengan satu scoop es krim vanila..Tentunya lebih mantap lagi rasanya yah dengan es krim! :)
 Hmm...selamat menikmati:


Jaga Kesehatan? Tentu Saja!

 It is health that is real wealth and not pieces of gold and silver.-Gandhi

Kesehatan tidak tergantikan. Kesehatan hanya bisa dijaga dan tidak ada toko manapun yang menjual kesehatan. Kalau ada pasti laris manis tuh.. :)
Jika kita kehilangan kesehatan kita, tentunya kita tidak bisa menikmati hidup ya?
Proyeksikan masa tua seperti apa yang anda inginkan?


Photo taken from allposters.com
1-Menikmati masa tua bersama pasangan tercinta, bergandengan tangan merayakan ultah pernikahan yang ke-50 sambil berbulan madu yang entah kesekian kalinya di berbagai belahan dunia.. :)Menyaksikan anak-anak memperanakkan cucu-cucu dan masih bisa membantu merawat aka babysitting para cucu?
Photo taken from allposters.com 
  2-Ataukah masa tua yang dihabiskan keliling dunia untuk kontrol dokter sana sini, checkup berkala dan minum selusin jenis obat, belum termasuk rasa sakit yang menganggu dan kemunduran fisik yang membuat kita tidak bisa menikmati  hari-hari masa tua bersama pasangan dan keluarga tercinta, sebab harus terkapar di ruang perawatan terus menerus?

Saya memilih proyeksi yang pertama...bagaimana dengan anda?
Lantas apa saja upaya dan usaha untuk mewujudkan pilihan ini?
Daripada berinvestasi dalam bentuk polis asuransi, yang seolah-olah mempersiapkan diri untuk proyeksi masa depan yang ke-2, saya memilih untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.
Asuransi sih tidak salah (peace to all insurance agents out there..), namun gaya hidup sehat lebih memberikan proteksi terhadap masa depan anda kan?
 
Daripada prepare for the worst to come dgn selusin polis, lebih baik prepare for the best to come..dgn mengubah gaya hidup anda!

 Lantas apa saja upaya dan usaha untuk bergaya hidup sehat?
1. Saya banyak mencari tahu informasi tentang gaya hidup sehat. Aneka buku tentang kesehatan bisa memberikan pengetahuan mengenai hidup sehat. Salah satunya adalah Rahasia Umur Panjang oleh dr.Elizabeth Subrata. Saya juga banyak belajar dari blognya Mba Fanda yang sarat informasi tentang gaya hidup sehat,posting-postingnya  pantas disimak di http://fandafitness.blogspot.com/. Selebihnya, berbagai website di internet dan aneka majalah dan artikel kesehatan juga suka saya kliping di Agenda saya.
Lantas yang lebih penting daripada menggali informasi dan membaca buku tentang kesehatan adalah menerapkan dan mempraktekkannya dalam hidup anda sehari-hari..Mark Twain berkata: Be careful about reading health books. You may die of a misprint. :)
Photo taken from allposters.com

2.Minum air sebanyak yang dibutuhkan oleh tubuh anda setiap hari! Untuk saya delapan gelas sehari! Saya pernah lalai dan punya kecenderungan untuk jarang minum, sampai saya menuai infeksi kandung kemih!!
Sekarang, saya membagi-bagi jatah minum saya dalam sehari: Untuk mencapai target 2 Liter, dibagi dalam 8 gelas@250 ml.

Bangun tidur- 1 gelas (dicampur liquid klorofil)
Breakfast-2 gelas (segelas susu atau jus dan segelas air putih)
Lunch-2 gelas
Dinner-2 gelas
sebelum tidur-1 gelas(dicampur liquid klorofil)

 PS: Anda bisa memesan liquid klorofil  lewat blog ini, kirim email saja ke agendaiburumahtangga at gmail dot com untuk order... Satu botol 500 ml-Rp.140.000,- belum termasuk ongkos kirim tiki/JNE. 



3.Sikat Gigi- dua kali sehari... Yang satu ini saya berjuang banget deh! Sejak kecil soalnya sudah terpolakan tidak sikat gigi sebelum tidur, jadinya untuk reverse kebiasaan yang satu ini ndak gampang. Impian jadi pramugari pun batal dah...Namun sejak punya anak, saya mau tidak mau harus mengajarkan anak saya sikat gigi sebelum bobo..wakaka!






4.Pola makan sehat-Saat mengkonsumsi daging diimbangi dengan sayuran juga. Saya punya stok homemade kimchi di rumah.  Jadinya sembari  makan hidangan berdaging, diselingi makan kimchi. Saya belajar bikin kimchi dari mama anak les saya yang adalah orang Korea asli, Mrs.Myong.. Thank you very much mama Kang Eun! :) Hidangan sayur minimal satu dalam sehari, kalau tidak diganti dengan minum liquid klorofil dua gelas sehari (pagi dan malam).

5.Berat badan ideal-Berusaha dan senantiasa mengerahkan upaya untuk mencapai berat badan seimbang! :) Saya masih kurang 5 kg lagi nih! Saya join http://caloriecount.about.com/ untuk memantau berat badan, sebuah situs jejaring sosial yang menganalisa food log (makanan yang dikonsumsi), activity log(aktivitas fisik yang dilakukan) dan weight log (berat badan) harian anda!

6. Selektif dalam memilih bahan-bahan untuk mengolah makanan. Sebisa mungkin hindari bahan makanan yang tidak alami atau tidak organik. Untuk gula, gunakan gula batu yang dicairkan. Untuk garam, gunakan garam organik. Untuk susu, gunakan susu sapi murni (UHT atau pasteurisasi juga oke). Untuk jus, gunakan madu sebagai pemanisnya. Untuk air mineral, pilih yang beroksigen. Untuk roti, pilih yang whole wheat. Lebih bagus lagi jika bisa membuat roti anda sendiri.. :) Minum vitamin C dan E untuk jaga stamina. Minum liquid klorofil jika asupan sayuran anda kurang. Bikinlah kaldu sendiri, sebagai pengganti aneka vetsin dan kaldu buatan.dsbnya... Wah, kayaknya saya jadi kepikiran bikin posting tips sehat secara berkala nih..Bisa share progress mengubah gaya hidup sehat yang saya jalani selama ini :)
Photo taken from allposters.com  
Buttercup and Westley Kissing on Horseback
7. Sering-seringlah sempatkan memeluk, bercumbu dan bercinta bersama pasangan anda (suami atau istri)! Selain menguras energi, juga menghasilkan hormon yang baik untuk kesehatan dan mengurangi tingkat stres! :)

Demikianlah tujuh langkah sehat versi blog agenda ibu rumah tangga!

Posting ini diikutsertakan dalam event Giveaway di blog Fanda and Fitness

Sunday, October 17, 2010

1930s Marital Scale: a quiz for married couples

Kuis yang satu ini unik juga.. :)
Berapa skor anda sebagai istri di tahun 30an?



78
As a 1930s wife, I am
Very Superior


Sayangnya ini tahun 2010...wakaka!!

Tuesday, October 12, 2010

Blogging style quiz

Ikutan Mba Fanda ah join kuis ini.. :



Your Blogging Type is Pensive and Philosophical




You blog like no one else is reading...

You tend to use your blog to explore ideas - often in long winded prose.

Easy going and flexible, you tend to befriend other bloggers easily.

But if they disagree with once too much, you'll pull them from your blogroll!