Saturday, October 30, 2010

Apple Pie

Hari ini salah seorang teman blogger Jessica,datang ke rumah dan kita baking bareng...
We call it "apple pie day"! Posting ini saya edit yah..saya tambahkan foto-foto step by stepnya! Soalnya hari ini ada fotografer yang dateng [melirik kearah Jessica wakaka].Jadi sepanjang kami memasak, kami saling foto memfoto.. Berganti-gantian profesi antara fotografer dan model..wakaka..

Bayangkan saya sudah membuat apple pie tiga kali dalam satu bulan ini!   :) Wow!
Semuanya bermula sekitar dua mingguan yang lalu, saya terbayang-bayang bak wanita ngidam, ingin banget makan Apple Pie.. Hmm, lezat dan praktis cara membuatnya..Lantas teman saya di komunitas keluarga SK, Ellen yang jago masak abizz--berbaik hati mengajarkan resep berikut ini.
Bahkan saat bingung mau beli loyang pie nya, dia juga yang membelikan di toko langganannya. Thanks a lot, Len! :)
Fresh from the oven Apple Pie
ini foto saat mencoba membuat pertama kalinya


Bahan:
2-3 buah Apel hijau(granny smith atau apel malang--menurut teman saya Jessica, apel malang lebih lezattt hasilnya)
1 sdm bubuk kayu manis
3-4 sdm gula pasir
1 sdm mentega
puff pastry siap pakai, dipotong seukuran loyang apple pie- atau anda juga bisa membuat sendiri kulitnya -lihat resepnya disini.
 
Loyang yang saya gunakan berdiameter 20 cm

Cara Membuat:

Isi pie:
 kupas apel hijau, potong-potong seperti mau membuat keripik.
 
Baluri apel yang sudah dipotong-potong tadi dengan  3-4 sdm gula pasir. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, sampai berair.
 
Panaskan wajan, tumis apel dan sari-sarinya dengan mentega, taburi bubuk kayu manis saat sudah berubah warna.

Sementera menunggu isi pie agak mendingin, panaskan oven dengan panas sedang.

Kulit Pie: Potong puff pastry seukuran loyang lalu letakkan di loyangnya.
 
 Tusuk-tusuk dengan garpu (ini saran dari Jessica, supaya crust nya bagus hasil panggangannya)

Tuang isi pie diatasnya.
 
Hias dengan sisa puff pastry yang ada.
 
Masukkan ke oven 45 menit. Tips dari Jessica" bagian atasnya disemir dengan kuning telur agar terlihat lebih cantik. Namun, berhubung Yunie tidak setelaten Jessica, ya udah langsung aja...dan hasilnya pucat.. :) HAHAHA

Saya suka banget resep ini!  :) Inilah hasil apple pie hari ini--kolaborasi Jessica dan Yunie.
Hahahaha... :)

Selamat mencoba juga yah...
Oh ya,  apple pie ini adalah menu dessert khas Amerika Utara, biasanya disajikan dengan satu scoop es krim vanila..Tentunya lebih mantap lagi rasanya yah dengan es krim! :)
 Hmm...selamat menikmati:


7 comments:

joanna said...

walahh..kok kebeneran pake es krim nih..aku lg pengen banget makan es krim..jadi klop deh..hahaha..dicoba ahh

Agenda ibu rumah tangga said...

Iya aku juga pas mbaca postingan Mba Joanna jadi dapat masukkan tentang es krim..

Sang Cerpenis bercerita said...

hmm..wanginya sampai ke sini

Lina Gustina said...

Belum pernah nyoba bikin nih. Kalo lagi kepingin apple pie, biasanya beli aja. Di Bogor kan ada apple pie yang terkenal, hehehe.

Ngeliat foto2nya, jadi pingin nyoba bikin juga :)

Newsoul said...

Wow, postingannya mantap mbak. Gambar-gambarnya apik, juga kronologic. Jadi pengen nyicip pie nya neh. Linknya nanti saya masukkan di blogroll saya.

Agenda ibu rumah tangga said...

@Sang Cerpenis Bercerita: hmm....tajam sekali penciumannya hahahha
@Lina:Yang di Bogor pengen nyobain beli juga ah..
@NewSoul: Thank you

TriZ said...

Boleh juga nih apple pie nya
Makasih yah dikasih dengan cara-caranya yang lengkap.. jadi lebih mempermudah untuk dipraktekkan... lezat kayaknya..