Saturday, October 30, 2010

Jaga Kesehatan? Tentu Saja!

 It is health that is real wealth and not pieces of gold and silver.-Gandhi

Kesehatan tidak tergantikan. Kesehatan hanya bisa dijaga dan tidak ada toko manapun yang menjual kesehatan. Kalau ada pasti laris manis tuh.. :)
Jika kita kehilangan kesehatan kita, tentunya kita tidak bisa menikmati hidup ya?
Proyeksikan masa tua seperti apa yang anda inginkan?


Photo taken from allposters.com
1-Menikmati masa tua bersama pasangan tercinta, bergandengan tangan merayakan ultah pernikahan yang ke-50 sambil berbulan madu yang entah kesekian kalinya di berbagai belahan dunia.. :)Menyaksikan anak-anak memperanakkan cucu-cucu dan masih bisa membantu merawat aka babysitting para cucu?
Photo taken from allposters.com 
  2-Ataukah masa tua yang dihabiskan keliling dunia untuk kontrol dokter sana sini, checkup berkala dan minum selusin jenis obat, belum termasuk rasa sakit yang menganggu dan kemunduran fisik yang membuat kita tidak bisa menikmati  hari-hari masa tua bersama pasangan dan keluarga tercinta, sebab harus terkapar di ruang perawatan terus menerus?

Saya memilih proyeksi yang pertama...bagaimana dengan anda?
Lantas apa saja upaya dan usaha untuk mewujudkan pilihan ini?
Daripada berinvestasi dalam bentuk polis asuransi, yang seolah-olah mempersiapkan diri untuk proyeksi masa depan yang ke-2, saya memilih untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.
Asuransi sih tidak salah (peace to all insurance agents out there..), namun gaya hidup sehat lebih memberikan proteksi terhadap masa depan anda kan?
 
Daripada prepare for the worst to come dgn selusin polis, lebih baik prepare for the best to come..dgn mengubah gaya hidup anda!

 Lantas apa saja upaya dan usaha untuk bergaya hidup sehat?
1. Saya banyak mencari tahu informasi tentang gaya hidup sehat. Aneka buku tentang kesehatan bisa memberikan pengetahuan mengenai hidup sehat. Salah satunya adalah Rahasia Umur Panjang oleh dr.Elizabeth Subrata. Saya juga banyak belajar dari blognya Mba Fanda yang sarat informasi tentang gaya hidup sehat,posting-postingnya  pantas disimak di http://fandafitness.blogspot.com/. Selebihnya, berbagai website di internet dan aneka majalah dan artikel kesehatan juga suka saya kliping di Agenda saya.
Lantas yang lebih penting daripada menggali informasi dan membaca buku tentang kesehatan adalah menerapkan dan mempraktekkannya dalam hidup anda sehari-hari..Mark Twain berkata: Be careful about reading health books. You may die of a misprint. :)
Photo taken from allposters.com

2.Minum air sebanyak yang dibutuhkan oleh tubuh anda setiap hari! Untuk saya delapan gelas sehari! Saya pernah lalai dan punya kecenderungan untuk jarang minum, sampai saya menuai infeksi kandung kemih!!
Sekarang, saya membagi-bagi jatah minum saya dalam sehari: Untuk mencapai target 2 Liter, dibagi dalam 8 gelas@250 ml.

Bangun tidur- 1 gelas (dicampur liquid klorofil)
Breakfast-2 gelas (segelas susu atau jus dan segelas air putih)
Lunch-2 gelas
Dinner-2 gelas
sebelum tidur-1 gelas(dicampur liquid klorofil)

 PS: Anda bisa memesan liquid klorofil  lewat blog ini, kirim email saja ke agendaiburumahtangga at gmail dot com untuk order... Satu botol 500 ml-Rp.140.000,- belum termasuk ongkos kirim tiki/JNE. 



3.Sikat Gigi- dua kali sehari... Yang satu ini saya berjuang banget deh! Sejak kecil soalnya sudah terpolakan tidak sikat gigi sebelum tidur, jadinya untuk reverse kebiasaan yang satu ini ndak gampang. Impian jadi pramugari pun batal dah...Namun sejak punya anak, saya mau tidak mau harus mengajarkan anak saya sikat gigi sebelum bobo..wakaka!






4.Pola makan sehat-Saat mengkonsumsi daging diimbangi dengan sayuran juga. Saya punya stok homemade kimchi di rumah.  Jadinya sembari  makan hidangan berdaging, diselingi makan kimchi. Saya belajar bikin kimchi dari mama anak les saya yang adalah orang Korea asli, Mrs.Myong.. Thank you very much mama Kang Eun! :) Hidangan sayur minimal satu dalam sehari, kalau tidak diganti dengan minum liquid klorofil dua gelas sehari (pagi dan malam).

5.Berat badan ideal-Berusaha dan senantiasa mengerahkan upaya untuk mencapai berat badan seimbang! :) Saya masih kurang 5 kg lagi nih! Saya join http://caloriecount.about.com/ untuk memantau berat badan, sebuah situs jejaring sosial yang menganalisa food log (makanan yang dikonsumsi), activity log(aktivitas fisik yang dilakukan) dan weight log (berat badan) harian anda!

6. Selektif dalam memilih bahan-bahan untuk mengolah makanan. Sebisa mungkin hindari bahan makanan yang tidak alami atau tidak organik. Untuk gula, gunakan gula batu yang dicairkan. Untuk garam, gunakan garam organik. Untuk susu, gunakan susu sapi murni (UHT atau pasteurisasi juga oke). Untuk jus, gunakan madu sebagai pemanisnya. Untuk air mineral, pilih yang beroksigen. Untuk roti, pilih yang whole wheat. Lebih bagus lagi jika bisa membuat roti anda sendiri.. :) Minum vitamin C dan E untuk jaga stamina. Minum liquid klorofil jika asupan sayuran anda kurang. Bikinlah kaldu sendiri, sebagai pengganti aneka vetsin dan kaldu buatan.dsbnya... Wah, kayaknya saya jadi kepikiran bikin posting tips sehat secara berkala nih..Bisa share progress mengubah gaya hidup sehat yang saya jalani selama ini :)
Photo taken from allposters.com  
Buttercup and Westley Kissing on Horseback
7. Sering-seringlah sempatkan memeluk, bercumbu dan bercinta bersama pasangan anda (suami atau istri)! Selain menguras energi, juga menghasilkan hormon yang baik untuk kesehatan dan mengurangi tingkat stres! :)

Demikianlah tujuh langkah sehat versi blog agenda ibu rumah tangga!

Posting ini diikutsertakan dalam event Giveaway di blog Fanda and Fitness

4 comments:

Lina Gustina said...

Setuju tuh. Dari sekarang jaga kesehatan supaya masa tua masih bisa aktif. Salut nih dengan semua usahanya, bisa ditiru :)

fandafitness said...

Makasih Yun udah ikutan giveaway. Kebiasaan mentarget minum air-nya bisa ditiru nih, karena selama ini aku minum hanya kalo haus aja. Bahkan kalo lagi sibuk di kantor, malah lupa akan rasa hausnya. memang minum saat makan itu bisa jadi solusi ya...

Asty said...

Boleh ditiru nich, kami jg ingin sehat disaat tua nanti. Btw punya resep bikin kaldu sehat? Boleh share?

Oktavia said...

Sist...tlg tipsnya buat yg ga suka olahraga dong..tq

Learning from Anemone and Clown Fish

This week's to-read-book for kiddos Minggu lalu, kami belajar tentang kehidupan di dalam air dan secara spesifik membahas simbiosis...