Saturday, October 16, 2010

Peran Wanita dalam Rumah Tangga (A Woman’s Roles at her Home)-Part 2

Ada tiga peran utama seorang ibu rumah tangga:
2. ibu (mother)
3. manajer rumah tangga (homemaker)
Artikel ini adalah bagian kedua dari tiga tulisan. Sambungan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang peran seorang isteri, artikel kali ini membahas tentang peran seorang ibu.

2.Peran seorang ibu:
Surga di telapak kaki ibu..
Pepatah yang sudah tak asing lagi dan sangat sering didengar. Saat merenungkan peran yang satu ini, saya tidak habis pikir betapa banyaknya hak istimewa yang dianugerahkan pada kaum hawa..Peran ini kayaknya penuh dengan hak-hak istimewa..Saya jujur saja merasa gak pantes banget nulis artikel ini, karena saya sebagai ibu banyak banget kekurangannya.. Saya sering merasa gagal menjadi ibunya anak saya.. Hm, namun memang segala sesuatunya adalah proses belajar yah...Banyanya sub-sub peran seorang ibu yang membuat peran ini tak kalah penting dengan peran sebelumnya..
Nah, apa saja sih sub-sub peran seorang ibu?

-Mengandung (Bearer)-Selama masa sembilan bulan kehamilan, seorang ibu "mengandung" anaknya di dalam rahimnya. Masa-masa indah yang mempersatukan dua jiwa dalam satu tubuh! Sungguh sebuah kehormatan bisa mengalaminya.. Indah sekali bisa merasakan ada sebuah kehidupan di dalam tubuh kita.. :) I really enjoy my pregnancy..Ini hak istimewa #1-yang didesain Allah untuk dikecap oleh kaum Hawa-Mengandung! :)
-Melahirkan(Deliverer)-Seorang ibu melahirkan anaknya ke dunia ini. Seorang ibu berjuang menahan rasa sakitnya bersalin demi melahirkan anaknya ke dunia. Adakah orang yang bisa tertawa ditengah rasa sakit luar biasa? Seorang ibu tertawa meskipun sakit luar biasa melandanya, saat ia menggendong bayinya yang baru lahir di dekapannya.. Bersyukur juga sih untuk adanya epidural dan operasi caesar, yang mengurangi rasa sakit saat melahirkan.. Beruntung banget deh pokoknya ibu-ibu yang hidup di era teknologi.. :) Ini hak istimewa #2- Melahirkan!

-Asi dan asuh (Nurturer)-Seorang ibu sudah dirancang sedemikian rupa oleh Allah untuk memelihara anak-anaknya. Kata nurture berarti memberi makanan terbaik untuk tubuh dan pikiran anak-anaknya. Makanan terbaik bagi bayi adalah ASI , dan bersyukur banget bagi para ibu yang diberikan kesempatan untuk menyusui sendiri anak-anaknya. Ini adalah hak istimewa #3 kaum Hawa-menyusui! :)




-Pendidik (Teacher)-Hak istimewa berikutnya adalah mendidik sendiri anak-anaknya di rumah sejak dini! Tidak harus komitmen jadi homeschool momma untuk mendidik anak-anak di rumah, kan? Pembentukan pola pikir, pembentukan kebiasaan-kebiasaan baik(dan tidak baik juga wakaka), nilai-nilai moral, dan disiplin hidup yang sejak dini ditanamkan ke benak anak-anak lewat teladan kita. Yang baik dan yang buruk dicontoh oleh anak-anak.. :) Sesungguhnya setiap ibu adalah pendidik a.k.a "guru pertama" anak-anaknya!Seorang ibu yang walk the talk akan memberikan dampak yang luar biasa buat anak-anaknya!

So, for me, I think, to be a momma, one should dedicate her life to be  lifetime learner..Coz nobody's perfect right? Kita harus terus belajar dan belajar-jadi murid seumur hidup kita-mau ditegur, mau diajar, mau disuruh-untuk membentuk karakter kita agar semakin hari semakin indah. Setiap rumah selayaknya punya aura dan semangat belajar seperti ini..
 
-Penasehat rohani(Spiritual coach)-Seorang ibu adalah pembimbing rohani anak-anaknya. Ini hak istimewa #5 yah? Nilai-nilai dan keyakinan yang dihidupi dengan benar oleh seorang ibu akan tersalur dalam kehidupan anak-anaknya.

 -Sahabat(Friend)-Seorang anak yang telah dewasa suatu hari nanti akan meninggalkan sangkar. Ada musim dalam menjadi orangtua..Ada masa-masa anak-anak masih kecil dan begitu tergantung pada orangtuanya.. Ada pula masa-masa mereka beranjak dewasa dan mulai mandiri, dan akhirnya terbang dari sangkar kita.. Dari otoritas ke pengaruh, dari menjadi ortu kemudian menjadi sahabat mereka.. :)Saya terharu banget kalau ingat bagaimana mama saya membesarkan saya.. :) Thank you for being such a great momma..Saya berharap anak saya pun punya kesan yang sama suatu hari nanti.. :)
Duh jadi sentimentil nih..


Note: pictures taken from my HMB cover


8 comments:

'solitudetimes' said...

O my God! Saya kaget lho, dgn image yg pertama! Beneran itu cetakan kaki bayi?? Bener bisa gitu, mbak? *takjub*

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, pengorbanan seorang ibu tuh

Lina Gustina said...

Izin copy buat file pribadi ya, supaya bisa dibaca berkali2 :)

Terima kasih sudah mampir dan komentar. Bukit yang di foto bukan di Puncak Bogor, tapi di Kaligua, Bumiayu, Brebes Jateng. Suami kan orang sana...

Agenda ibu rumah tangga said...

@'solitide times'- kayaknya itu rekayasa digital deh, hehe.. :)
@Sang Cerpenis Bercerita-ya betul Mba Fani..
@Lina Gustina- silahkan.. :) Oh di daerah Brebes, indah ya pemandangannya..

joanna said...

wow..semakin saya takjub dan kagum dengan sosok wanita..ngerasa beruntung mjd wanita..semoga bisa menjadi ibu yg baik bagi anak saya dan penghangat dalam keluarga..spt my mom..hmm..jd ikut2 terharu nih..mbak yunie pa kbr ? semoga baik2 dan sehat selalu ya..

TriZ said...

Sudah seharusnya aku bangga dan bahagia dengan peran seorang ibu rumah tangga yang multi fungsi, tentu saja bukan hal yang mudah untuk dilaksanakan..

Terutama dalam membentuk kepribadian anak, yang bermula dari pengasuhan seorang ibu, akh berat sekali tanggung jawab ini..

Sungguh sebagai seorang ibu aku juga malu karena tidak dapat melaksanakan tugas dengan sempurna.. bahkan banyak sekali kekurangan.. hanya berusaha...

Agenda ibu rumah tangga said...

@Joanna: saya sehat kok, hehe, ini lagi getol ikut2 kuis online...jadinya postingan banyak kuisnya, kemaren sempat jarang online, anak demam n flu.. :(

@TriZ:iya, tidak mudah dan berat jadi seorang ibu..

nita said...

Tadi pas pertama liat gambarnya kupikir memang ft kaki babynya keliatan he..he.. ternyata rekayasa digital ya :) tapi aku suka bgt postingan ini. kereeen deh..

Learning from Anemone and Clown Fish

This week's to-read-book for kiddos Minggu lalu, kami belajar tentang kehidupan di dalam air dan secara spesifik membahas simbiosis...