Happy Mother's Day(83rd) & Happy Dongzhi Festival...

Untuk para bunda, hari ini adalah perayaan hari ibu yang ke 83 di Indonesia. (sumber:Kompas)
Selamat Hari Ibu! Cheers to all moms and moms-to-be!
Beruntung sekali kita punya hari khusus untuk merayakan pengalaman indah ini! Ada kuis yang menarik nih, buat iseng-iseng sekaligus untuk evaluasi diri! Kuis "What's your Mothering Personality?" yang diambil dari buku MotherStyles, by Janet P. Penley. 
 MotherStyles: Using Personality Type to Discover Your Parenting Strengths
Link ke kuisnya disini. Kuis yang sangat detail sekali membahas aspek-aspek menjadi seorang ibu. 
Selamat mencoba kuisnya yah...
Saya dah cobain dan hasilnya cukup menegur saya.. Hiks..Perlu banyak berubah..

Satu hal lagi yang berkesan di hati saya...Masih tentang tanggal 22 Desember..
Setiap tanggal 22 Desember,kalau diperhatikan di kalender yang ada penanggalan imleknya, pasti ada gambar semangkuk Wedang Ronde alias 汤圆(tang yuan). Makan Wedang ronde aka汤圆(tang yuan) adalah simbolis dari kesatuan dan keutuhan keluarga. Sejak kecil mama saya selalu membuat Wedang Ronde alias 汤圆(tang yuan) setiap tanggal 22 Desember...hidangan yang selalu saya nanti-nantikan! Sebetulnya ada sedikit perbedaan versi membuat 汤圆(tang yuan) ala China dengan wedang ronde ala Jawa. Namun mirip sih, jadinya di postingan ini saya sinonimkan.Perbedaannya saya ketik huruf biru di postingan resep dibawah :)

  Setelah berkeluarga, saya pun ikutan meneruskan tradisi ini...Ikut-ikutan membuat onde-onde warna-warni di hari ibu...di kala hujan Desember mulai deras dan udara terasa dingin, mantap banget deh jika disuguhi air jahe manis plus wangi pandannya wedang ronde hangat-hangat... Yummy... :) 

Resep Membuat  汤圆(tang yuan)
Wedang Ronde gambar diambil dari sini

Sedih nih, karena hasil jepretan pas membuat wedang ronde kehapus dari kamera.. :( Jadinya meminjam gambar orang lain deh.. :) Tapi kalau buat lagi ntar ku upload fotoku :)

Untuk adonan isinya: disarankan membuatnya duluan, sehari sebelumnya
 200 gr kacang tanah, sangrai
200 gr gula aren/gula jawa
Blender kacang tanah yg sudah disangrai dengan gula jawa
lalu, dibentuk bulat-bulat seukuran kelereng..
汤圆(tang yuan) gambar diambil dari sini

Biasanya ini bagian paling lama dan menghabiskan waktu! Saya biasanya membuatnya bareng mama sambil ngobrol.. :)

Untuk kuahnya:
jahe, dikupas -ukuran sesuai selera (saya 3-5 cm panjangnya)
daun pandan, 3-4 lembar, diikat simpul
air untuk merebus, 1 liter
gula batu, manisnya sesuai selera
Rebus semua bahan-bahan diatas sampai airnya mendidih, lalu sisihkan


*kalau resep wedang ronde khas Jawa, ditambahi serai 1-2 batang di kuahnya



gulanya pun bisa pake gula Jawa atau gula pasir


Untuk Kulitnya:(komposisi kira-kira, gak pernah dicatat..)
tepung ketan
air untuk membuat adonan
 caranya:
Tuang air sambil mengaduk-aduk tepung sampai bisa dibentuk
Bagi adonan jadi dua bagian, untuk membedakan warnanya. Putih dan Pink.
Beri pewarna merah atau bisa juga warna merah dihasilkan dengan membentuk adonan merahnya dengan jus buah bit.


*kalau resep khas Jawa, pewarnanya bisa juga diganti daun suji, jadinya putih dan hijau..Malahan bisa modifikasi putih, merah, hijau.. :)


Lalu adonan kulit yang sudah jadi dibentuk bulat-bulat seukuran kurang lebih diameter 3 cm, lalu didalamnya diberi isi kacang yang sudah dibentuk-bentuk bulat tadi. Setelah terbentuk semua bulat-bulat..
*kalau resep khas Jawa, isinya kosong, tidak ada adonan isinya, atau bisa juga diisi gula Jawa.
Lalu ditambahi kacang tanah goreng dan kolang-kaling :)
 
Panaskan air dalam panci, jika sudah mendidih, masukkan bulatan-bulatan tersebut.
Yang sudah matang akan mengambang minta diangkat..hihihihi

Kalau sudah mengambang, diangkat dan dicemplungkan ke panci kuahnya.  
Siap disajikan!

Nah, mau coba bikin versi yang mana?
ala China atau ala Jawa?
Saya suka dua-duanya! Sering gonta-ganti bikinnya.. :)

Makan 汤圆(tang yuan) adalah simbolis dari kesatuan dan keutuhan keluarga. Yang saya ingat, tiap bikin buletan onde-onde ini bareng-bareng mama dan adikku, kita selalu sambil ngobrol heart to heart.. :) Kegiatan yang menyatukan mama dan anak-anaknya ya? :)

Well, Happy Mother's day n Happy Dongzhi Festival!

  

Comments

Newsoul said…
Buka link kuisnya nanti ya mbak. Resep-resepnya syik neh, kapan-kapan dicoba ah. Selamat hari ibu.
Lina Gustina said…
Selamat hari Ibu untuk seluruh Ibu di Indonesia...

Saya baru tau lho, ada tradisi wedang ronde setiap tgl. 22 Desember.
Terima kasih untuk resep dan info kuisnya :)
slusman said…
Ah, saya ngga bisa bikin ronde. Tahun ini ngga ada yang ngasih juga. Hik... Btw isi komen di blog ini agak repot juga ya? harus sign in dulu trus sign out lagi.
YOGI MARSAHALA said…
Blog dan artikelnya bagus, komentar juga ya di web blog saya www.when-who-what.com
Selvia Lusman said…
Hai, link blogmu sudah kupasang di daftar blog saya.
@NewSoul: thank you
@Lina: met Hari ibu juga!
@slusman: sudah kurubah settings nya thanks buat kritiknya
@YOGI: saya kunjungan balik yah
@Selvia: thanks
kibagus said…
artikel yang bagus dan bermanfaat....!
makasih...!

Popular posts from this blog

Agenda Ibu Rumah Tangga 2011

Rahasia Umur Panjang

Stimming