Peran Wanita dalam Rumah Tangga (A Woman's Roles at Her Home) -Part 3

Artikel ini adalah bagian ketiga dari tiga tulisan. Bagi yang belum membaca bagian pertama dan kedua, klik saja hyperlinknya--> bagian 1 dan bagian 2

 Note: tulisan ini adalah hasil pemikiran saya semata-->sembari saya mengamati dan belajar dari ibu-ibu rumah tangga yang saya kenal di komunitas, tetangga dan keluarga saya. Menurut saya, tidak ada yg namanya "ibu rumah tangga" sempurna, yang ada hanyalah pribadi-pribadi yang mau terus belajar dan bertumbuh menjadi lebih baik untuk menjadi berkat bagi rumah tangganya. :)

Saya agak vakum ngeblog bulan lalu..kangen juga yah dengan teman bloggers, tulisan-tulisannya yang inspiratif buat saya! Walaupun telat...saya ucapkan Happy New Year 2011 and Happy Chinese New Year bagi yang merayakan.

Ada tiga peran utama seorang ibu rumah tangga:
3. manajer rumah tangga (homemaker aka home manager)
  
Peran yang ketiga dari seorang wanita dalam rumah tangganya adalah menjadi manajer yang mengelola sumber daya yang tersedia dalam jumlah terbatas dengan seefektif dan seefisien mungkin, sehingga manfaat yang dikecap oleh anggota keluarga dapat dimaksimalkan. :)
Ooops...bahasa saya mendadak formal banget... :) Flashback:Tiba-tiba terngiang-ngiang kembali suara dosen pengantar manajemen di bangku kuliah semester awal dulu..
Masih teringat materi kuliah beliau yang membahas teori manajemennya Henry Mintzberg sang pencetusManajerial Roles (Peran-peran seorang Manajer).
Nah, lantas pikiran saya yang lancang ini mulai tergelitik dengan pertanyaan berikut:
"Bagaimana dengan Peran-peran yang dijalani seorang Manajer Keluarga?"
Dalam kasanah Home Management, peran-peran apa saja yang seyogyanya wajib dilakoni sang manajer rumah tangga?
Banyak juga ya ternyata sumber daya yang harus dikelola dengan baik..
time planner- peran sebagai: event organiser
Tentu saja sumber daya yang paling langka (menurut saya) di era yang super "sibuk" ini adalah waktu! Waktu yang tidak bisa diputar kembali, harus dikelola sebaik-baiknya. Jangan membuang-buang waktu yang Tuhan sudah karuniakan. Jika 24 jam cukup untuk berkarya bagi Anne Bradstreet, Hellen Keller, Susannah Wesley,dll... maka 24 jam yang sama juga cukup untuk berkarya bagi kita! Manfaatkan waktu yang ada sebaik-baiknya. Bagaimana kita memanfaatkan waktu-sesungguhnya adalah cerminan prioritas hidup kita.

financial planner- peran sebagai penanggungjawab:budgeting, purchasing, book keeping
Sumber daya yang dibutuhkan untuk transaksi jual beli adalah uang. Uang kas yang digunakan sehari-hari harus diatur dengan baik pos-pos pengeluarannya.Manajemen kas yang baik akan memperlancar pemenuhan kebutuhan rumah tangga. Manajemen kas yang baik juga adalah cerminan adanya penguasaan diri dalam hal keuangan. Manajemen kas yang baik bisa membedakan mana kebutuhan(needs) dan keinginan(wants). Berhubung saya orangnya gila buku, butuh banget deh penguasaan diri kalau mampir lewat toko buku. Apalagi lihat-lihat situs jual buku online...wadauwww godaannya besar ya...Tapi berhubung sudah sepakat ada target jumlah buku yang dibeli bersama suami, ya wes...baca-baca aja deh buku displaynya.. Keinginan kan tidak sama dengan kebutuhan ya, kudu saya  inget2 terus kalau mulai tergoda dan lapar mata serta gatal tangan.

diet planner-peran sebagai:nutritionist and cook
Sumber daya yang tak kalah pentingnya untuk dikelola adalah kesehatan. Stamina tubuh akan terjaga dengan baik jika ada perencanaan pola makan yang sesuai. Banyak mencari tahu info kesehatan lewat dokter keluarga,seminar, buku, maupun blog kesehatan akan sangat membantu banget deh. Mengatur menu yang sesuai dengan kebutuhan asupan gizi dan disukai anak dan suami juga butuh kreatifitas yang tersendiri ya.. Saya kenal seorang ibu di sekolah anak saya yang kreatif pisan mengatur jadwal menunya, mengikuti tema-tema, wahh salut banget! Juga ada ibu yang kreatif menghias lunchbox anaknya dalam bentuk bento yang lucu-lucu dan menggemaskan! Untuk lebih lanjut tentang menu planning bisa baca postingan saya Rotasi menu dan menu planning.


cleaning department-wah, cleaning department, perannya sebagai apa nih? Kepala cleaning service! hahaha-->ini  bagi yang punya PRT, kalau yang tidak punya PRT, ya jabatannya sebagai cleaning service alias janitor! Kalau yang ada PRT tinggal delegasi bagian rumah sebelah mana aja yang rutin perlu dibersihkan dan dijaga kebersihannya. Gorden 2 minggu sekali dicuci, lap kursi dan pintu-pintu dua hari sekali, vacuum sofa dua hari sekali, dsbnya. Ada situs yang inspiratif banget buat scheduling kebersihan--flylady.net, buka deh..menarik dan banyak banget ide-idenya yang bisa ditiru!



 




public relation-peran menjadi humas penting juga loh! Gak bisa disepelekan dan dianggap lalu. Bagaimana menjaga hubungan dengan keluarga besar, tetap menjalin tali silahturami serta mengatur waktu untuk ikutan acara kumpul-kumpul keluarga saat hari raya dan perayaan adat (bagi keluarga yang masih memegang adat istiadat).
Semuanya bisa dipelajari dan jadi kenikmatan tersendiri saat menjalaninya. Apalagi saat dua budaya berpadu dalam suatu pernikahan. Saya kenal teman yang keturunan Batak menikah dengan keturunan Jawa, nah dua budaya melebur dan banyak penyesuaian yang perlu dibuat. Wah..anak-anak kita bisa diperkaya untuk belajar keunikan akar budaya kedua orangtuanya! ;) Juga saat saudara, kerabat dan teman keluarga ada yang berulang tahun, berhari raya, berhari jadi, kita bisa menyempatkan menelpon, sms atau mengirim kartu dan bingkisan. Hal-hal kecil semacam ini bisa jadi salah satu cara untuk membangun hubungan dan menyatakan kepedulian buat kerabat keluarga kita. Simpan buku khusus aneka tanggal-tanggal penting dan hari ultah kerabat. Juga address book dan buku kartu nama yang terorganisir dengan baik, sehingga saat mau ngirim kado atau telpon ke yang bersangkutan tidak lama nyari-nyari no hp nya.. :)
Saya suka banget peran ini...apalagi sat menghubungi teman-teman lama...Just say hi to them makes my day so colorful!



Clothing department-perannya sebagai fashion stylist dan laundry expert...hahaha
Sebagai fashion sylist, kalau ke undangan yang ada dress codenya menyiapkan sesuai yang diminta. Juga jika pergi make sure tidak saltum (salah kostum). Juga satu hal yang saya belum berhasil adalah mengatur lemari pakaian agar tetap dalam kondisi rapih. Saya stres jika lemari pakaian berantakan, namun sudah dibereskan ya tetap saja berantakan lagi dan lagi...! Any ideas to solve this issue? Sebagai laundry expert, tahu bagaimana mencuci aneka jenis bahan pakaian. Ada aneka simbol laundry yang tertera di pakaian dan bahan. Saya sih ga terlalu ngeh soal ini dan cenderung cuek.. sampai pakaian saya ada yang kelunturan dan nyusut, lalu saya baca artikel tentang simbol-simbol laundry dan cara mencucinya, link ke artikelnya klik ini.

interior designer-Wah, seni menata dan meletakkan perabotan. Pemilihan warna seprai yang serasi dengan aksen ruangan. Pemilihan taplak meja yang cocok dengan mejanya. Kayaknya setiap detil rumah jadi ekspresi kepribadian si ibu rumah tangganya.. :)

Saya rasa aneka peran yang lain masih banyak, yang tidak terlintas dalam benak saya dan tentunya tidak tertulis dalam artikel ini. Namun sebagai ibu rumah tangga, yuk sama-sama menikmati dan menjalani setiap peran! :)

A well-kept home isn’t the one with a stainless sink,
Or the one with no dust in every corner,
Or the one with a spotless carpet,
Or the one that looks like a five star hotel!
It is a home well-stocked with plenty of love, laughter, attention, kisses, hugs and a warm meal served fresh from the oven!
Let the spirit of every home created an open heaven on earth!





Comments

okta said…
nah ini dia yg lom kesampaian heheh...kondisi rmh msh super duper berantakan, apalg si kecil msh sukaberexplorasi hingga tembok rmh penuh dg karya seni cakar ayam ^^ moga ntar d rmh baru lebih tertata ^^
Grace Receiver said…
Hehe... Multitasking banget ya?
Artikel yang sangat menarik, ada kiat2 yang ingin saya tiru nih. Minta izin copy buat file pribadi ya...

Terima kasih sudah berkunjung :)
@okta: sama..anakku kalau habis main, rumah kayak kapal pecah, "ayoo tidy up jo1" tetap aja abis tidy up ntar ngambil yg lain
hahaha

@grace receiver: yup

@lina: silahkan :) thanks sudah kunjungan balik
Newsoul said…
Begitulah beratnya peran ibu. Peran yang berat, tapi mulia. Ayo, semangat para ibu !
AstyNNS said…
Jadi malu kayaknya msh banyak peran yg blm bisa sy jalankan dgn baik, bener2 belajar dr blog ini. TFS ya ;)
Rumah Disewakan said…
Aku salut dengan ibuku yang tidak pernah mengeluh dengan semua yang dlakukannya untuk menyenang hati ayah dan anak2nya meskipun kadang dia terlihat capek...I love u mom..
umiabie said…
Peran yang sangat rumit bagi seorang ibu tapi sekaligus menyenangkan. Slalu semangat, dan slalu tersenyum..

Popular posts from this blog

Agenda Ibu Rumah Tangga 2011

Rahasia Umur Panjang

Stimming