Wednesday, April 20, 2011

The Five Love Languages

The 5 Love Languages: The Secret to Love That LastsJudul: The 5 Love Languages
Pengarang: Gary Chapman*
Penerbit: Moody Publishers

  *) Gary Chapman adalah konselor pernikahan yang sudah berpengalaman selama 30 tahun lebih. 

Buku ini adalah salah satu buku favorit saya. Hehehe...yang masuk kategori buku favorit adalah buku yang ga akan bosen untuk saya baca ulang lagi, dan biasanya selalu dapat pengertian baru saat membaca ulang.

Beberapa bulan yang lalu, kami sekeluarga pergi berlibur ke Singapura.Ketika kami sedang menunggu bus di halte, seorang wanita mendekati saya dan mengajak saya berbicara dalam bahasa yang sama sekali tidak saya pahami. Wanita tersebut mungkin membaca raut wajah saya yang bingung, lantas ia berkata dalam bahasa Inggris, "Sorry, I thought that you're a Filipino". Oh, jadi wanita tersebut rupanya berbicara dalam bahasa Tagalog! Saya sama sekali ga ngerti karena baru pertama kali dengar. Dua orang harus menguasai bahasa yang sama, untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Itulah analogi yang digunakan Gary Chapman dalam menjelaskan bahasa kasih. Bahasa kasih adalah bahasa pengutaraan kasih sayang.
Menurut buku ini, ada lima buah bahasa kasih:  
 1.Words of Affirmation (Kata-kata Penegas)-Jika bahasa kasih anda adalah kata-kata penegas, maka pujian verbal dan ucapan "I Love You" menjadi sangat berarti. Anda merasa dikasihi jika diungkapkan secara terang-terangan.
2.Quality Time (Waktu Berkualitas)-Jika waktu berkualitas adalah bahasa kasih anda, maka anda merasa dikasihi jika pasangan memberikan perhatian penuh kepada anda.Jika sedang berduaan,akan lebih menikmati TV dimatikan, HP dan blackberry disilent agar anda dan pasangan bisa memiliki waktu berkualitas bagi satu sama lain. Jika bahasa kasih anda waktu berkualitas, anda juga akan kesal jika pasangan lupa tanggal-tanggal penting seperti hari "JADI", hari ultah, dsbnya.
3.Receiving Gifts (Menerima Hadiah)-Nah,bahasa kasih yang satu ini bukan berarti matrealistis. Sebagai penerima hadiah, anda  merasa anda diingat saat pasangan membelikan anda oleh-oleh, hadiah ultah dan aneka hadiah lainnya.Hadiah yang tepat adalah pengungkapan bahasa kasih yang tak terlupakan.
4.Acts of Service (Tindakan Pelayanan)-Anda merasa dikasihi saat pasangan rela melakukan sesuatu tindakan berkorban untuk anda. Memasak makanan saat anda sedang sakit, membersihkan tumpahan saat anda sedang menerima telepon, menjemput anda dan sebagainya.
5.Physical Touch (Sentuhan Fisik)-Anda merasa dikasihi saat pasangan menyentuh anda secara fisik, seperti memeluk, mengusap punggung anda dan menggandeng tangan anda.

  Saat bahasa kasih pasangan kita berbeda dengan kita, tentunya akan banyak ketidakpahaman yang muncul. Lantas untuk mengatasinya, kita bisa mulai mempelajari kelima buah bahasa kasih di buku ini untuk tahu yang mana bahasa dominan kita dan yang mana bahasa dominan pasangan kita. Penasaran ingin tahu apa kira-kira bahasa kasihmu? Ada tes lima bahasa kasih yang bisa anda ikuti disini.Semakin kita mengenali bahasa kasih kita dan pasangan, semakin kita bisa mempelajari cara-cara mengutarakan cinta seperti yang diinginkan pasangan kita. Nah, di buku ini banyak pula dibahas berbagai contoh-contoh kasus yang bisa menginspirasi anda saat mempelajari dan mempraktekkn bahsa kasih--sebuah buku yang bakalan dibaca ulang lagi dan lagi.. :)
  PS: seharusnya ini postingan buat bulan Februari,, hahahha, coz agak-agak banyak halangan baru di posting sekarang.. :(

8 comments:

Lyliana Setianingsih said...

Wah buku bagus nih Mba... Cari ah... penting banget untuk mencegah miskomunikasi dengan pasangan yah... :-D

Agenda ibu rumah tangga said...

sip banget :) lebih serunya memang baca bareng pasangan n menerapkan sama-sama

eha said...

Aku bertanya-tanya, ke mana ya yunie lama gak posting. Kalo aku yang cuti lama itu biasa ^.^ tp kalo yunie biasanya ga terlalu lama deh hilangnya dari peredaran, he he ...

lina@women's perspectives said...

Buku yang bagus ya. 5 buah bahasa kasihnya sangat menarik!

Terima kasih komennya. Sebenarnya pria berkaos merah ini sedang mencari cacing segar untuk umpan :)

Agenda ibu rumah tangga said...

@eha:lagi ada kesibukan mba eha, ngurusin anakku terapi, so mondar mandir deh :)

@lina: iya saya suka bukunya, oooo pria itu mencari cacing...hehehehe

joanna said...

haiii mb yuni..duh kangen..lama tak jumpo..ehh..boleh juga tuh..pengen nyoba testnya..atau sekalian aja nih hunting bukunya..kayaknya keren deh :)

Putri Omsima said...

Wah buku yg mantap nie..di dapat dimana mbak,, mau hunting juga ah,..salam kenal ya..follback dunk heee..salam

Agenda ibu rumah tangga said...

Di gramedia juga ada kok