Mie Kangkung

mie kankung plus telur ayam kampung  rebus

Bahan:
250 gram daging babi atau  gunakan ayam untuk yang tidak mengkonsumsi babi, potong-potong dadu,lalu goreng, sisihkan

ebi dan juhi diblender, sangrai, gunakan 4-5 sdm.Sisanya disimpan di toples untuk bumbu masak lainnya :)

mie kuning basah atau mie telor (kering, harus direbus dulu) untuk 4-5 porsi makan

3-4 sdm kecap manis*
2-3 sdm kecap ikan*
2 sdt lada*
2 sdt garam*
2 sdt gula*
*) pada dasarnya sesuai selera saja, sambil diicip-icip, resepnya ga baku, saya juga cuman seingatnya aja, sistem kira-kira aja

Bumbu halus:
4 butir bawang merah
4 butir bawang putih

bumbu segar:
kankung 2-3 ikat petik-petik, untuk anak yg ga suka sayur digunting2 kecil-kecil pakai gunting dapur :), untuk anakku berhasil tuh, lolos screening dan langsung disantap bersama kuahnya.
toge,50-100gr, petik-petik, yang ini juga sama treatmentnya, digunting-gunting kecil-kecil sehingga ikut tertelan oleh anakku wakakaka

pelengkap:
bawang goreng, secukupnya
jeruk limau (6-7 buah)
4-5 telur ayam kampung rebus (saya suka nambahin ini kalo makan mie kankung :) )

Cara membuat:
1. tumis daging hingga rubah warna, sisihkan
2, haluskan bawang,sambil nunggu  merebus telur ayam kampungnya, angkat..lalu suruh asisten dapur utk mengupas telur kampungnya...:)

3. tumis bawang dan taburi ebi dan juhi
4. masukkan dagingnya, bumbui dengan kecap manis, kecap ikan, lada, garam, gula
5. tambahi air 1 liter, godok hingga menyerap dan mendidih, angkat
6. rebus sebentar kankung dan toge, lalu angkat
7. siapkan mie ukuran 1 porsi makan di mangkok (jika mie nya pakai mi kering, rebus dulu, total kuah bisa untuk 4-5 porsi), taburi toge, kankung, tuang kuahnya dan peras jeruk limau, terakhir taburi bawang goreng!
Sajikan dengan sebuah telur rebus per mangkok...
Lalu..berikan reward utk si asisten dapur:
enjoying my brunch :)

Comments

marthavina said…
Wah mba...makasih udah mampir di blog saya dan thx buat komennya, thx juga udah kasih resep mie kangkungnya hope anak saya mau makan, dia rada ribet makannya
iya, thanks juga udha mampir ke blogku :) kita saling berkunjung yah
niQue said…
biasanya saya ambil gampang aja, pake mie instan biasa, tambahannya kangkung :D

thanks info ini, jadi bikin mie kangkungnya nanti dengan cara yg benar deh hehehe
@niQue: ini bukan cara yg benar juga kok hihihi :)
Anonymous said…
Hi!

I thought I saw a recipe of yours on some expired site, I can't open it. It was steamed beef and egg.
Mind posting it here again :D
Anonymous said…
Hi!

I think I saw your old site. I was browsing for a recipe tim daging/telur and found your old link. I can't open it though. Mind posting it here again?

Thank you!
fatma wati said…
mie kangkung belum pernah nyoba juga sich...but look so delicious ...saya tiru ya...wish me luck..

Popular posts from this blog

Agenda Ibu Rumah Tangga 2011

Rahasia Umur Panjang

Stimming