The Blessing


Judul:The Blessing [Revised and Updated]-Giving the Gift of Unconditional Love and Acceptance
Pengarang: John trent,Ph.D dan Gary Smalley
Penerbit: Thomas Nelson, 2011

Buku ini membuat saya tersadar dan merenung. Pada hakekatnya, di dalam diri setiap insan manusia ada sebuah "kebutuhan" yang amat sangat mendasar. Kebutuhan yang seyogyanya (baca: idealnya) dipenuhi oleh orang tua pada masa-masa awal kehidupan seorang anak. Kebutuhan apakah yang demikian mendasar ini?
Kebutuhan akan kasih dan penerimaan tanpa syarat.

Anak-anak membutuhkan kasih dan penerimaan tanpa syarat dari orangtuanya.

Sebagai orangtua, bagaimanakah kita mengkomunikasikan kasih dan penerimaan tanpa syarat kepada anak-anak kita? Apakah anak-anak kita menangkap pesan kita? Apakah mereka tahu dalam hatinya bahwa papa dan mama sayang mereka?
Seringkali yang membekas di hati anak justru ocehan bawel mama, kritik pedas dan omelan papa! Buku ini mengupas bagaimana orangtua melihat dari kacamata anak-anak dan belajar mengkomunikasikan kasih dan penerimaan tanpa syarat kepada anak-anaknya.

Yang membuat saya jadi ngeri adalah dampak tidak terpenuhinya kebutuhan ini dalam diri anak-anak!
Banyak pecandu yang memiliki akar rasa kesepian yang mendalam karena bertumbuh tanpa merasa dikasihi dan diterima oleh orangtuanya.
Banyak pribadi yg mengalami kesulitan bersosialisasi, sulit membina hubungan dengan orang lain, yang berujung pada kegagalan berkarir, kegagalan berumahtangga, hanya karena perasaan tidak aman yang tinggi! Rasa tidak aman yang muncul karena tidak pernah merasa dikasihi dan diterima oleh orangtuanya.
Banyak lagi contoh-contoh kasus nyata yang dipaparkan di bab demi bab buku ini yang menarik untuk disimak. Membacanya membuat saya bertanya kepada diri saya sendiri, "Bisa gak yah memberikan masa kecil yang indah buat anakku? Bisa gak yah kami menyediakan sebuah keluarga dimana dia merasa dikasihi dan diterima tanpa syarat?" Kayaknya kalau diukur-ukur...banyaknya interaksi positif dan negatif dengan anakku, lebih banyakan interaksi negatifnya deh! :( Kritik vs nasehat banyakan kritiknya. Ngomelin vs memuji banyakan ngomelinnya. Menuntut vs menyemangati dan mengarahkan, banyakan menuntutnya!
Kudu belajar banyak untuk jadi ibu yang baik yah?
Loh, malahan curhat..padahal ini postingan untuk resensi buku...
Akhir kata (baca: akhir posting),menurutku buku ini bagus dan layak untuk dibaca setiap ortu yang mau peduli dengan perkembangan emosional anak-anaknya!

Disclosure of Material Connection: I received this book free from the publisher through the BookSneeze®.com <http://BookSneeze®.com> book review bloggers program. I was not required to write a positive review. The opinions I have expressed are my own. I am disclosing this in accordance with the Federal Trade Commission’s 16 CFR, Part 255 <http://www.access.gpo.gov/nara/cfr/waisidx_03/16cfr255_03.html> : “Guides Concerning the Use of Endorsements and Testimonials in Advertising.

Comments

eternal_love said…
jadi penassaran pengen baca bukunya... soale aku juga bru pnya baby, jd msh harus bnyak belajar perenting...
iya bagus bukunya,aku sih suka, ga berat bacanya

Popular posts from this blog

Agenda Ibu Rumah Tangga 2011

Rahasia Umur Panjang

Stimming