Seputar Menyusui Part 1

Saat ini pasca melahirkan dan lagi enjoy dengan masa-masa menyusui anak kedua saya, jadi suka nyari info lagi nih seputar menyusui.Pas pulang dari RS, saya ngubek-ngubek catatan zaman lahiran anak pertama saya tuh..hehehehe, udah saya rangkum general rule of thumbs nya...senangnya bukan main pas ketemu!!!
Nah saya share di postingan ini yah hasil comot buku sana sini n catatan pas ikutan kelas merawat bayi di RS.
Ternyata udah banyak banget yah fakta-fakta baru tentang menyusui pas saya browsing di internet.
Makin menikmati  aja nih menyusui setelah tahu manfaatnya yg dashyat buat si buah hati :)


Latch-on
 Basic nya banget saat mulai menyusui kudu tahu bagimana sih posisi mulut bayi saat menyusui yg benar(istilah kerennya latch on position),.... nih kebetulan pas browsing nemu nih gambar yg mengilustrasikan posisi latch on itu kayak gimana, yg gambar sebelah kiri yg benar. Yang kanan itu salah soalnya mulut bayi hanya nempel di puting saja. Seharusnya mulut bayi menutupi seluruh areola supaya puting ibu tidak lecet.
gambar diambil dari http://www.milkmatters.org/breastfeeding/tips/generaltips

 Lama menyusui:
 Lama menyusui kurleb 15-20 menit untuk satu payudara, jadinya lamanya satu sesi menyusui kurleb 30-40 menit.

Setelah tahu posisi mulut bayi yg benar saat mengisap, lantas kudu tahu juga posisi tubuh ibu yg nyaman saat menyusui. Lumayan juga kan 30-40 menit menyusui..kalau salah posisinya bisa pegel tuh :)
Aneka Posisi Menyusui: 
Gambar diambil dari situs http://www.lalecheleague.org
1. Side-Lying Position
Posisi ini nyaman utk ibu-ibu yg melahirkan secara caesar. Perut ibu dan perut bayi saling  berhadapan, kepala bayi posisinya dekat dengan puting ibu.  
 
2. Cradle Position: ada dua gaya utk posisi ini-Cradle dan Cross Cradle
Posisi menyusui yg paling umum dipraktekkan oleh ibu-ibu. Agar lebih nyaman, bisa menggunakan bantal dibawah lengan yg menyangga kepala bayi. Tubuh bayi dimiringkan kearah ibu agar si bayi bisa latch on.


3. Football Hold / Clutch/ SidePosition
Posisi inilah yang paling recommended bagi ibu yang melahirkan secara caesar jika posisinya duduk.


4.Lying down/Laid Back Breastfeeding/Biological Nurturing Position
Duduk bersandar membentuk sudut 45', pastikan posisi sandaran anda nyaman dan letakkan bayi dengan posisi dada berhadapan dengan dada anda (bayi tengkurap).

 kalo saya sih paling nyaman sama posisi menyusui yg pertama, soalnya bisa sambil istirahat di kasur. Hehehehe :) Malah kadang ketiduran pas menyusui.

Ya sudah seputar meyusui ini sampe sini dulu coz saya udah ngantuk mau bobo...
btw buat yg iseng, ini ada quiz untuk ngetes berapa skor pengetahuanmu tentang ASI dan menyusui?
Coba deh kerjakan quiz di link ini:
http://www.babycenter.com/quiz/baby/babybreastfeed/1325024.html

Berapa skormu? :)
Ya wes, kalo gw sempat ntar gw sambung part 2 :)

Comments

Kibagus said…
Smart...!
ASI adalah miniman terbaik bagi bayi ...!

Popular posts from this blog

Agenda Ibu Rumah Tangga 2011

Rahasia Umur Panjang

Stimming