Monday, July 16, 2012

A Mother's Song -Helpful Tips for Raising Child with Autism by Lerrlyn Nelson


Judul buku:A Mother's Song -Helpful Tips for Raising Child with Autism

Pengarang:Lerrlyn Nelson
Penerbit: Dorrance Publishing

Buku ini menyajikan sebuah garis besar informasi yang praktis bagi keluarga-keluarga yg memiliki anak yg didiagnosa autisme. Lerrlyn Nelson, si penulis telah mendedikasikan hidupnya demi meningkatkan kesadaran tentang autisme serta meningkatkan program pelatihan bagi anak-anak autis agar bisa hidup mandiri di masyarakat.

Banyak kerancuan saat menggunakan istilah "autis". Sebenarnya apa sih autisme itu?
Autisme adalah gangguan perkembangan yg kompleks, yg biasanya muncul di tiga tahun pertama usia seseorang, dan adalah akibat dari gangguan neurologis karena adanya ketidakseimbangan kimiawi pada otak sehingga fungsi otak terganggu, yg mempengaruhi perkembangan dalam area interaksi sosial dan kemampuan berkomunikasi. Autisme ada yang ringan dan ada yang berat.

Menurut CDC (Centre for Disease Control),rasio perbandingan anak-anak yang terkena autis 1:150 dari setiap kelahiran di Amerika, dan nilai rasio ini serupa pada negara-negara lain di dunia. Data survey tersebut diambil tahun 2002, dan data cdc menunjukkan kenaikkan rasio menjadi 1:88 saat survey tahun 2008! Bagaimana dengan data terkini ya? Wah, ada apa gerangan dengan fenomena ini? Kok jadi banyak anak-anak yang mengalami gangguan perkembangan secara mental?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan diatas bisa ditemukan di awal-awal buku. Lantas buku ini juga banyak memberikan rips dan cara menyiasati bagaimana hidup bersama anak autis dan cara-cara meningkatkan kualitas hidup mereka. Saya terbantu dengan ide di buku ini tentang membuat Child Development Map (CDM) yang isinya jurnal tentang bagaimana pola prilaku anak tersebut dalam situasi-situasi yang berbeda, isinya antara lain pola makan si anak, kesukaan atau ketidaksukaannya apa saja, mengidentifikasi semua pemicu prilaku-prilaku yang tak diinginkan.  Pola prilaku anak autis kudu ditulis serinci mungkin menurut buku ini.  Lantas CDM ini nantinya akan memudahkan diagnosa dan menghindarkan salah dignosa saat jumpa dengan psikiater, psikolog dan terapis anak. Umur anak dan tahap-tahap perkembangan yg sudah dilalui juga dicatat detail dalam CDM ini, untuk dibandingkan dengan perkembangan anak tipikal seumurannya.

Saya bersyukur banget dapat kesempatan bisa review buku ini, ilmunya kepakai banget untuk diterapkan buat anak saya Joshua. Mulai catat detail sih emang udah dari dulu, tapi adakalanya saya malas n loss deh ngak catat perkembangannya. Lewat membaca buku ini, saya diingatkan utk mencatat dengan rajin lagi :)
Buat ibu-ibu yang punya ABK, yuk kita bela-belain nyatat demi perkembangan anak kita! ;)

I received a complimentary copy of A Mother's Song -Helpful Tips for Raising Child with Autismby Lerrlyn Nelson
as a member of the  Dorrance Publishing Book Review Team.  Visit dorrancebookstore.com to learn how you can become a member of the Book Review Team



No comments:

Learning from Anemone and Clown Fish

This week's to-read-book for kiddos Minggu lalu, kami belajar tentang kehidupan di dalam air dan secara spesifik membahas simbiosis...