Posts

Showing posts from February, 2015

Field Trip ke Rumah Sutera

Image
We really enjoy our homeschooling field trip to Rumah Sutera, walau  disambut hujan gerimis sepanjang perjalanan...Rumah Sutera ini sudah berdiri sejak tahun 2003 dan menjadi saranaPendidikan dan Pelatihan Persuteraan Alam. Kita bisa belajar proses pembuatan kain sutera dari mulai telur ulat sampai menjadi selembar kain sutera kwalitas 100% alam. 
Kalau ditanya orang, "ulat sutera itu apa sih?"
Jawaban bebas gue:  
Ulat yang bisa diolah kepompongnya jadi benang sutera dan lalu dipintal n dibikin kain sutera yang lembut! 
Awam banget ya jawabannya...
Kalau menurut wikipedia:
The silkworm is the larva or caterpillar of the domesticated silkmoth, Bombyx mori. It is an economically important insect, being a primary producer of silk. A silkworm's preferred food is white mulberry leaves.


Jadi, nama beken nya ulat sutera itu Bombyx Mori. (baca: nama Latin nya)
Jadi inget dulu ada serian Tv Pendekar Ulat sutera ya :) 
Duh ga nyambung banget gitu loh lol
Tapi anak-anak bisa jijik ga…

sup jagung millet

Image
Bahan:  100gr millet* 1 bwg bombay ukuran sedang, cincang halus 1siung bwg putih,cincang hls daun bawang secukupnya Jahe 2cm kupas  lada hitam bubuk 2sdt garam dan gula sesuai selera jagung 1 buah, kupas dan blender biji nya air 600ml
cara membuat: 1. Tumis bwg bombay,bwg putih n jahe hingga harum 2.masukkan air, tunggu hingga golak 3 masukkan jagung 4 bumbui lada ,garam n gula 5.masukkan millet 6masukkan daun bwg kecilkan api dan biarkan selama 15menit. lalu sajikan di wadah sup :)
*)Millet ini  nama lainnya sekoi , baik tuk dikonsumsi ibu menyusui. Sumber nutrisi dalam millet ini magnesium, niacin, fosfor dan manganese. Millet membantu meredakan serangan asma dan migraine. Millet juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi, diabetes dan arteriosklerosis. Khasiat lainnya juga mencegah pembentukan batu empedu. 
Selamat mencoba !

overheard...

Image
Dinner time:
 M : Yuk makan yuk...mama bikin mihun kuah kari pake bakso sapi...
Ds: (icip sedikit kuahnya) ooo ga mau (ga lanjut makannya...padahal kari itu kesukaannya...tumben)
M: knapa ga mau?
Ds: kecap!
M: (cobain kuahnya....eh ternyata hambar wkwk)  oo kurang asin ya? Oke nih kasih kecap asin tambahin
 LoL...

bersyukur Ds bisa ekspresiin keinginannya nambah cita rasa asin di kuahnya lol....
klo lgi byk pikiran masak tuh ga uenakk hiks

overheard....

Image
DD: mama, kenapa belum jam 23?
M: hmm?? (Bingung)
DD: mama, kenapa belum jam 23? Uda pagi kan?
M: ooo maksudnya kenapa blm robek kalendar? Bukan jam 23 tapi tanggal 23...
DD:tanggal....iya
M: oke DD boleh robek kalender yg kecil, mama yg besar..




Kisah Seorang Penabur

Image
Seminggu terakhir kami lagi belajar dari kisah perumpamaan seorang penabur. Kisah tentang seorang penabur benih yang benihnya jatuh di empat jenis tanah.  Gue suka story telling, dan buat gue kalo bisa nyeritain ke anak-anak gue dewe tuh "sesuatu" banget gitu loh! Seru juga jadinya bahas kisah sembari menanamkan nilai-nilai dalam gudang moral anak-anak..sambil gue juga merenung dan mengaplikasikan ke kehidupan sehari-hari bersama-sama mereka.  Nah gue ceritain kisah ini ke DS n DD:
Ada benih yang jatuh di pinggir jalan, lalu belum sempat benih itu berkecambah...udah dimakan burung! Yahhh sedih yah benih ini ga punya kesempatan bertumbuh! 
Lalu ada benih yang jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya...lalu bisa sih tumbuh benihnya, namun karena tanahnya tipis...akarnya ga bisa kuat...trus saat terhampar sinar matahari jadi layu dan kering deh! Akhirnya mati perlahan-lahan..
 Lalu ada benih yang jatuh di tengah semak duri...saat semak makin lebat makan si ben…

Imlek dan Duka

Image
Perayaan Imlek 2566 baru saja berlalu kemaren. Hmm membahas imlek, semua pasti paling heboh soal angpao..gimana tidak sih...duit gitu loh? Asik donk dapat easy money dibalut amplop merah hanya dengan kata sandi "kiong hi". Hmm, tapi jadi mikir juga saat ajang berbagi angpao seringkali jadi ajang gunjingan pula.
"Duh...aku kasih sekian ke anak-anaknya..kok dibalikkin ke anak-anakku hanya sekian sih? Tekor nih" #merasarugi
"ga enak ah kalo kasih angpao kecil jumlahnya, malu-maluin" #gengsi
Ada merasa dirugiin karena nilai angpao yang diterimanya kecil..ga balik modal nih,,,
Ada pula yang merasa gengsi jika memberi jumlah kecil.
Saya merenungkan kembali....karena dua celetukan diatas pernah mewarnai isi hati di sincia-sincia yang sudah lalu..lol...
Sebetulnya apa sih inti perayaan imlek buat saya? Buat saya, bukan ajang cari "easy money" atau ajang pamer "gue angpaonya gede", tapi lebih kepada acara kumpul dengan keluarga besar. Angpao ha…

The NAME lives on

Image
Apapun yang terjadi, selalu ada hal yang bisa disyukuri.
Hari ini saya bersyukur untuk:
1. cuaca yang baik, akhirnya mentari bersinar juga :)
2. DS n DD yang mulai bisa main bareng n becandaan bareng
3. akhirnya 2 hal yang kutunda sudah kukerjakan..hihihi...lega deh gada hutang kerjaan lagi
4. ibu cuci gosokku yang udah masuk seperti biasa, soalnya mendadak pulkam kaget juga...untung dah balik

 Abis ketik gratefulness journal, gue mau share video"The Names Lives On" by David Phelps, yang di tag ama teman gw.., thks for the tag ya Fit :)

So blessed to know that He is always there in all seasons of our lives. :)
 Tuhan ADA di setiap musim hidupku, dan itu sangat indah!
 Gue ga bosan nonton nih video berkali-kali, membuatku terus sadar bahwa DIA ada dan ga pernah ninggalin gue :)
Membantu gue tuk terus punya awareness of HIM everytime and every moment :)

The Names Lives On by David Phelps  Verse 1: It stands to reason that a name is just a word It can be easily forgotten as soon as it is …