Friday, February 27, 2015

Field Trip ke Rumah Sutera

http://rumahsuteraalam.com/
We really enjoy our homeschooling field trip to Rumah Sutera, walau  disambut hujan gerimis sepanjang perjalanan...Rumah Sutera ini sudah berdiri sejak tahun 2003 dan menjadi saranaPendidikan dan Pelatihan Persuteraan Alam. Kita bisa belajar proses pembuatan kain sutera dari mulai telur ulat sampai menjadi selembar kain sutera kwalitas 100% alam. 
Kalau ditanya orang, "ulat sutera itu apa sih?"
Jawaban bebas gue:  
Ulat yang bisa diolah kepompongnya jadi benang sutera dan lalu dipintal n dibikin kain sutera yang lembut! 
Awam banget ya jawabannya...
Kalau menurut wikipedia:
 The silkworm is the larva or caterpillar of the domesticated silkmoth, Bombyx mori. It is an economically important insect, being a primary producer of silk. A silkworm's preferred food is white mulberry leaves.


Jadi, nama beken nya ulat sutera itu Bombyx Mori. (baca: nama Latin nya)
Jadi inget dulu ada serian Tv Pendekar Ulat sutera ya :) 
Duh ga nyambung banget gitu loh lol
Tapi anak-anak bisa jijik ga mau megang tuh ulat pas ditawari utk pegang sama pemandu nya.. Lucu ya, bisa geli juga lihat ulat.
Tapi pas di perkebunan murbei...ditawari metik n makan daun pucuk nya, dd dan ds nyobain gigit-gigit daun murbeinya... 
Pas maksi pun dapat lalapannya murbei tuh...enak juga ternyata ya daun murbei dilalap :)
daun murbey dan hamparan ulat utera
  
DS and DD watching the silk worm


so many cocoon....



proses membuat benang sutera 
benang sutera yang sudah jadi
DS n DD mengamati proses menenun kain sutera 




one friend brought home coccoons n let it become lovely butterflies.., this is the pic




Selagi kami di galeri produk, gue cobain beli teh daun murbei yang manfaat nya banyak tuk kesehatan hehehe...
Dan inilah akibatnya....
kita pas pulang jadi sering main seduh teh pakai poci..." seperti princess Sofia" kata DD :)


 
Manfaat Teh Murbei : (diambil dari sini)
-kesehatan ginjal. Penyakit yang mungkin timbul akibat gangguan ginjal adalah sakit kepala, insomnia, darah kotor, kencing manis, keputihan, keracunan obat/makanan, gangguan narkoba, asam urat, kolesterol, pengeroposan tulang.
 -mencegah timbulnya penyakit-penyakit pada orang tua, menjaga stamina, mencegah stroke, menormalkan tekanan darah, menyeimbangkan berat badan, membantu menghilangkan panas dalam dan susah buang air besar/sembelit.
  -menurunkan tingkat pengumpulan lemak di hati

- mengandung klorofil dan vitamin C
-menetralkan racun karena bersifat detoksifikasi. 

Sambil minum teh..sambil nonton dua video youtube ini, time elapses videos of silk worm life:






Tuesday, February 24, 2015

sup jagung millet

Bahan: 
100gr millet*
1 bwg bombay ukuran sedang, cincang halus
1siung bwg putih,cincang hls
daun bawang secukupnya
Jahe 2cm kupas 
lada hitam bubuk 2sdt
garam dan gula sesuai selera
jagung 1 buah, kupas dan blender biji nya
air 600ml

cara membuat:
1. Tumis bwg bombay,bwg putih n jahe hingga harum
2.masukkan air, tunggu hingga golak
3 masukkan jagung
4 bumbui lada ,garam n gula
5.masukkan millet
6masukkan daun bwg
kecilkan api dan biarkan selama 15menit.
lalu sajikan di wadah sup :)

*)Millet ini  nama lainnya sekoi , baik tuk dikonsumsi ibu menyusui. Sumber nutrisi dalam millet ini magnesium, niacin, fosfor dan manganese. Millet membantu meredakan serangan asma dan migraine. Millet juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi, diabetes dan arteriosklerosis. Khasiat lainnya juga mencegah pembentukan batu empedu. 

Selamat mencoba !

Monday, February 23, 2015

overheard...


Dinner time:
 M : Yuk makan yuk...mama bikin mihun kuah kari pake bakso sapi...
Ds: (icip sedikit kuahnya) ooo ga mau (ga lanjut makannya...padahal kari itu kesukaannya...tumben)
M: knapa ga mau?
Ds: kecap!
M: (cobain kuahnya....eh ternyata hambar wkwk)  oo kurang asin ya? Oke nih kasih kecap asin tambahin
 LoL...

bersyukur Ds bisa ekspresiin keinginannya nambah cita rasa asin di kuahnya lol....
klo lgi byk pikiran masak tuh ga uenakk hiks

overheard....

DD: mama, kenapa belum jam 23?
M: hmm?? (Bingung)
DD: mama, kenapa belum jam 23? Uda pagi kan?
M: ooo maksudnya kenapa blm robek kalendar? Bukan jam 23 tapi tanggal 23...
DD:tanggal....iya
M: oke DD boleh robek kalender yg kecil, mama yg besar..




Sunday, February 22, 2015

Kisah Seorang Penabur

Seminggu terakhir kami lagi belajar dari kisah perumpamaan seorang penabur. Kisah tentang seorang penabur benih yang benihnya jatuh di empat jenis tanah. 
Gue suka story telling, dan buat gue kalo bisa nyeritain ke anak-anak gue dewe tuh "sesuatu" banget gitu loh! Seru juga jadinya bahas kisah sembari menanamkan nilai-nilai dalam gudang moral anak-anak..sambil gue juga merenung dan mengaplikasikan ke kehidupan sehari-hari bersama-sama mereka.  Nah gue ceritain kisah ini ke DS n DD:

Ada benih yang jatuh di pinggir jalan, lalu belum sempat benih itu berkecambah...udah dimakan burung! Yahhh sedih yah benih ini ga punya kesempatan bertumbuh! 

Lalu ada benih yang jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya...lalu bisa sih tumbuh benihnya, namun karena tanahnya tipis...akarnya ga bisa kuat...trus saat terhampar sinar matahari jadi layu dan kering deh! Akhirnya mati perlahan-lahan..
gambar tanah semak duri diambil dari sini

 Lalu ada benih yang jatuh di tengah semak duri...saat semak makin lebat makan si benih terhimpit dan mati...
 
gambar tanah yang baik diambil dari sini
 
gambar tanah yang baik yang berbuah berlipat diambil dari sini
Sebagian benih jatuh di tanah yang baik,lalu bertumbuh dan berbuah deh ada yang seratus kali lipat..ada yang enam puluh kali lipat dan ada yang tiga puluh kali lipat.
 Selesai deh kisah penabur nya....

Sehabis cerita indah selesai... bagian ini yang paling gue suka, gimana mengaitkan kisah tadi ke kehidupan sehari-hari tuk diaplikasikan dalam hidup kita. Dari kisah yang ngawang dibuat membumi di hati anak..hm itu lebih menantang lagi buatku! Search gambar di google n nyari yang bisa lukisin makna kisah ini ke anak-anak tuh bikin mata kuat melek loh..! lol...

gambar tanah hati ini diambil dari sini
 M:.siapa yang mau bisa punya tanah yang baik supaya benihnya berbuah subur? Kalau hati ini sebuah tanah, pasti inginnya hati kita jadi tanah hati yang baik bukan?
DD: (angguk-angguk kepala)
DS: (nyimak tapi diem)
1. Jangan jadi tanah hati yang di pinggir jalan, yang sesudah dengar benih Firman Tuhan tapi diambil iblis benihnya. Lewat begitu saja benihnya, ga punya kesempatan tuk tumbuh. 
misalkan:Benih Firmannya-Kasih itu murah hati- nah tapi karena ga dengarin Firmannya..maka ga ngerti dan ga melakukan deh....kondisinya kalian dapat goodie bag ultah dan isinya aneka snack yang enak dan kebetulan ada teman yang datang dan mama minta kalian share snack dari goodie bag itu dengan temanmu. Tapi kalian ga rela, ga mau share, tidak taat, karena saat mama nabur benih Firman....mama ga didengarin sama sekali, ga ingat malahan soal "kasih itu murah hati".
 
2.Jangan juga jadi tanah hati yang berbatu-batu, sudah dengar benih Firman Tuhan, langsung segera menerima dengan sukacita,bilangnya "ya...aku mau taat" namun tidak berakar dan hanya tahan sebentar saja tumbuhnya, begitu ada tantangan sedikit langsung deh mati benihnya...ga tertanam kuat di tanah hati.. :( 
misalkan:Benih Firmannya-Kasih itu murah hati- mama udah bilang untuk berbagi snacknya dengan teman,dan sudah jawab "ya" tapi saat udah makan snacknya n nyobain rasa snacknya "hmm enak nih...gausah bagi-bagi ah...buatku aja"....malahan dihabisin sendiri...temannya ga dibagi, padahal sudah tahu kalau- Kasih itu murah hati -
 
3.Jangan juga jadi tanah hati yang penuh semak duri...duh benih Firmannya terhimpit kekuatiran dunia sehingga benih tersebut ga bisa tumbuh malahan mati. 
misalkan: Benih Firmannya-Kasih itu murah hati- mama udah bilang tuk sharing..tapi dalam hati penuh pikiran, "kalo kukasih teman punyaku, ntar aku pingin lagi ga ada deh..." lalu ga mau kasih ke teman karena kuatir kalo nanti habis...padahal justru kalao banyak memberi banyak diberkati...

4.Yang keempat ini jenis tanah hati yang baik, sehingga benih Firman bisa subur bertumbuh...berbuah berlipat kali!
mis:Benih firmannya-Kasih itu murah hati- lalu mama suruh sharing snack dengan teman dan saat kita taat segera, kita jadi sukacita bisa berbagi dengan teman, ga hanya sukacita yang dirasakan..eh hati juga merasa damai sejahtera.

Idealnya gue udah plot dua kali waktu tuk cerita indah (story telling time kami sebut "cerita indah") dalam sehari: siang abis makan siang dan malam menjelang bobo.
Tapi...ada kalanya gue lagi tepar dan malasss cerita, tapi di jaman anugerah ini gue bisa pakai cheat hihihi, gue setelin aja youtube video ini: 


Berkaitan dengan kisah penabur ini, biar lebih membekas di hati anak-anak n nge rhema gitu...bikin juga dua aktivitas ini:
1. menanam benih kacang ijo dan memperhatikan pertumbuhannya-ini tugas kelas SK.
DD yang semangat banget tuk nanam benih kacang ijo, matanya binar-binar pas lihat biji mulai berkecambah! Kebetulan ada wadah plastik bentuk hati yang pas betul buat nanam benih kacang ijo. Tanah hati yang subur akan membuat benih tumbuh dengan lebat....bisa dilihat nyata lewat benih yang tumbuh subur hihihi...
DD yang susah minum air nya, gue bilang aja, kalao mau tambah tinggi..minum air biar bisa kayak kacang ijo ini...tambah tinggi karena disiramin air,eh DD minum n ngaca...minum n ngaca..."kok ga nambah tinggi kayak mama sih?da minum padahal.." lol...
tanaman kacang ijo DD hari ke 4

2. Tugas mewarnai gambar si penabur benih, gambar diambil dari sini, tinggal print dan bisa di bisa diwarnai. 

Well....jadi panjang ya postingnya...awalnya cuman mau nulis gratefulness journal eh....jadi share sekilas apa yg lagi kita pelajari hihi..
OK posting ditutup dengan my gratefulness journal ya!
Hari ini saya bersyukur untuk:
1. DD yang nyimak cerita indah @ kelas SK dan mau ditegur untuk taat segera pas waktunya mandi. Biasanya susah nyuruh mandi DD
2.DH yang mau mandiin DD pagi2 coz kepala eike lagi migrain imbas dari sakit gigi
3.DS yang bisa inisiatif sodorin minyak angin ke gue, sambil bilang :
DS: gatal, pakai minyak, gatal, pakaiin
M: yang mana yang gatal
DS: (tunjukkin bentol di tangannya)
M; kenapa ini bentol?
DS; digigit semut
 Kemajuan banget coz DS udah lumayan bisa ekspresiin ke gue keluhannya

bubur tangki
4. wiskul bubur tangki di akhir pekan.....udah lama ga makan bubur tangki ini....yummy!
OK have a blessed Sunday all!

Saturday, February 21, 2015

Imlek dan Duka


Perayaan Imlek 2566 baru saja berlalu kemaren. Hmm membahas imlek, semua pasti paling heboh soal angpao..gimana tidak sih...duit gitu loh? Asik donk dapat easy money dibalut amplop merah hanya dengan kata sandi "kiong hi". Hmm, tapi jadi mikir juga saat ajang berbagi angpao seringkali jadi ajang gunjingan pula.
"Duh...aku kasih sekian ke anak-anaknya..kok dibalikkin ke anak-anakku hanya sekian sih? Tekor nih" #merasarugi
"ga enak ah kalo kasih angpao kecil jumlahnya, malu-maluin" #gengsi
Ada merasa dirugiin karena nilai angpao yang diterimanya kecil..ga balik modal nih,,,
Ada pula yang merasa gengsi jika memberi jumlah kecil.
Saya merenungkan kembali....karena dua celetukan diatas pernah mewarnai isi hati di sincia-sincia yang sudah lalu..lol...
Sebetulnya apa sih inti perayaan imlek buat saya? Buat saya, bukan ajang cari "easy money" atau ajang pamer "gue angpaonya gede", tapi lebih kepada acara kumpul dengan keluarga besar. Angpao hanya tradisi yang menyemarakkan suasana. Besar kecil angpau ya sesuaikan dengan keikhlasan dan budget masing-masing. Kalau budget tahun ini hanya memungkinkan warna biru dan bukan merah seperti tahun lalu..ya ga usah gengsi2an lagi lah...sesuaikan aja.


Hati sudah deg-deg an terus sepanjang acara sincia kemaren, nunggu berita keponakan yang sedang berjuang bertahan hidup.Hati gelisah dan bawaannya bolak balik lihat ponsel terus, menantikan kabar. Saat dikabari adikku kalau Axel sudah tidak ada tepat pukul 15:10 wib, saya sedih namun ya sudahlah rencanaNya lebih indah buat Axel. Tuhan yang beri dan Tuhan yang ambil kembali.
Selamat Jalan Axel, see you in heaven!

Bersyukur untuk:
1. Kesempatan merayakan imlek bersama ortu dan keluarga besar suami
2. Penyertaan Tuhan yang nyata buat adikku, Tuhan sungguh hadir lewat cara2Nya yang di luar akal pikiran manusia!
3. Diberikan kesadaran bahwa my kids belum terbiasa dengan social setting yang rame dgn banyak orang, needs alot of training in manners! Bersyukur gitu gue lewat acara ngumpuls sincia jadi "ngeh"  kalo banyak PR nih tuk train them to be more polite in front of strangers n relatives (orang2 yang jarang dijumpai)..-Shy is not an excuse for impolite!



Thursday, February 12, 2015

The NAME lives on

Apapun yang terjadi, selalu ada hal yang bisa disyukuri.
Hari ini saya bersyukur untuk:
1. cuaca yang baik, akhirnya mentari bersinar juga :)
2. DS n DD yang mulai bisa main bareng n becandaan bareng
3. akhirnya 2 hal yang kutunda sudah kukerjakan..hihihi...lega deh gada hutang kerjaan lagi
4. ibu cuci gosokku yang udah masuk seperti biasa, soalnya mendadak pulkam kaget juga...untung dah balik

 Abis ketik gratefulness journal, gue mau share video"The Names Lives On" by David Phelps, yang di tag ama teman gw.., thks for the tag ya Fit :)

So blessed to know that He is always there in all seasons of our lives. :)
 Tuhan ADA di setiap musim hidupku, dan itu sangat indah!
 Gue ga bosan nonton nih video berkali-kali, membuatku terus sadar bahwa DIA ada dan ga pernah ninggalin gue :)
Membantu gue tuk terus punya awareness of HIM everytime and every moment :)

The Names Lives On by David Phelps  
Verse 1:
It stands to reason that a name is just a word
It can be easily forgotten as soon as it is heard
But one name was spoken before the world's first day
And it will be here when everything that is has passed away

Chorus:
Delivered from the lips of God
To Mary's ears on angel wings
Jesus, Jesus
The word that came to life for us
The song that all creation sings
Jesus, Oh Jesus
The proudest nations of the earth have come and gone
But Jesus, the name lives on

Verse 2:
When I'm awakened by terrifying dream
And desperation reaches out and clutches me
When I'm so afraid 
that I don't even know what to pray
I simply speak it and I feel it
And it chases fear away

Chorus

Eternal hope and promise
The ever-breaking dawn
When time itself is over
The name lives on

Chorus
 
 
  
 

Learning from Anemone and Clown Fish

This week's to-read-book for kiddos Minggu lalu, kami belajar tentang kehidupan di dalam air dan secara spesifik membahas simbiosis...